Mau Tidur Nyenyak dalam Penerbangan? Ini Dia Tips dari Awak Kabin!

Sebagai seorang pelancong, Anda akan berpikir untuk tidur di dalam penerbangan sebelum tiba di tempat tujuan, terlebih bagi Anda yang menjalani penerbangan jarak jauh. Selain untuk mengurangi kantuk dan lelah, bisa tidur dengan nyaman dapat membuat Anda bisa lebih segar.

Baca juga: Terbang Jarak Jauh? Don’t Worry Ikuti Tips Ini

KabarPenumpang merangkum dari cheatsheet.com (5/9/2017), bahwa awak kabin ataupun pramugari mengungkapkan rahasia untuk merasakan tidur yang nyenyak dalam kabin. Berikut ini ada beberapa tips dari awak kabin agar Anda tidur nyenyak dalam setiap penerbangan yang Anda lakukan.

1. Gunakan pakaian yang nyaman
Baiknya gunakan kaos dengan celana yang nyaman. Jangan gunakan pakaian sebanyak tiga lapis, kecuali Anda nyaman saat tidur dengan kondisi seperti itu. Pakai juga kaus kaki dan sepatu yang nyaman. Jauhkan segala aksesoris, sebab semakin sedikit aksesoris yang digunakan, akan membuat tidur Anda semakin nyaman dan nyenyak.

2. Pilih duduk dekat jendela
Kursi dekat jendela adalah pilihan bagus karena akan lebih nyeyak tidur. Sebab bila Anda mendapat kursi di dekat lorong, justru tidak akan nyenyak, selain teman sebaris Anda bisa saja keluar masuk untuk ke toilet, langkah kaki penumpang lain juga mengganggu kekusyukan Anda tidur. Tak hanya itu, duduk di jendela juga membuat Anda sedikit tenang, karena tidak perlu takut menyender pada orang lain sebab ada jendela yang bisa Anda senderi untuk tidur.

3. Gunakan bantal leher
Agar leher tidak kaku saat tidur, gunakan bantal leher untuk menyangga. Baiknya hindari penggunaan bantal leher seperti biasa, tetapi lingkarkan kebagian depan leher Anda untuk menyangga kepala saat tidur Anda agak condong kedepan.

4. Gunakan barang bawaan untuk pijakan kaki
Tempat yang sempit terkadang membuat Anda sulit untuk tidur dengan nyenyak. Tidak banyak ruang untuk Anda meringkuk atau berbaring di pesawat, apalagi untuk berselonjor kaki. Jika membaw tas jinjing bisa digunakan untuk sandaran kaki.

5. Jangan terlalu banyak makan
Makanan dengan banyak gula dan minuman berkafein bisa mengganggu pola tidur Anda. Bukannya nyenyak, justru Anda akan terjaga. Makanlah kacang-kacangan atau buah serta minum teh herbal 30 menit sampai satu jam sebelum Anda tidur.

6. Jauhkan dan katakan tidak pada alkohol
National Sleep Foundation mengatakan, minum alkohol tidak lama sebelum tidur akan mengganggu tidur nyenyak Anda, yang merupakan bagian yang sangat penting dari siklus tidur.

Baca juga: Biar Nyaman di Penerbangan Kelas Ekonomi Jarak Jauh, Baca Ini!

7. Tertidur dengan bantuan suara
Biasanya banyak penumpang yang bisa tertidur dengan bantuan musik untuk masuk dalam kenyenyakannya. Musik lewat headset yang mengalunkan lagu ini bisa membantu otak memblokir dari suara-suara lain yang mengganggu.