Meja Lipat di Pesawat Jarang Dibersihkan, Awak Kabin: Penumpang Sebaiknya Bawa Tisu Basah

0
Ilustrasi makanan ringan dan kopi di dalam pesawat

Sebagai penumpang pesawat, meja lipat atau baki di depan kursi pesawat menjadi salah satu yang cukup sering digunakan dibandingkan toilet. Namun yang menjadi pertanyaan, apakah meja nampan ini rutin dibersihkan? Kemudian seberapa sering dibersihkannya?

Baca juga: Waspada! Inilah Lokasi Favorit Bakteri di Dalam Kabin Pesawat

KabarPenumpang.com melansir dari laman express.co.uk (3/6/2020), ternyata meja nampan di pesawat tidak sering dibersihkan. Hal ini diungkapkan oleh awak kabin yang mengatakan bahwa toilet bukanlah area paling kotor di dalam kabin.

Kurang dibersihkannya meja nampan juga karena perputaran singkat antar penerbangan dan pembersihan di pesawat yang dilakukan awak kabin harus dengan kecepatan tinggi. Oleh karena itu, berarti beberapa area tertentu di pesawat tidak dibersihkan secara menyeluruh bahkan tidak sama sekali.

Seseorang dari maskapai mengungkapkan bahwa mungkin bukan ide yang baik untuk makan langsung dari meja nampan dan baiknya penumpang harus membawa produk pembersih sendiri ketika di dalam pesawat. Mantan pramugari American Airlines menjelaskan bahwa setiap penumpang harus selalu membawa tisu basah atau tisu antibakteri dan menyeka meja nampan sebelum digunakan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Auburn University menemukan bahwa meja nampan adalah pembawa E.coli tertinggi kedua di kabin pesawat, dengan penyakit bernanah selama 72 jam. Sehingga hal terbaik yang harus dilakukan ketika meninggalkan pesawat terbang adalah mencuci tangan Anda untuk menghilangkan kuman apa pun karena E.coli dapat hidup di permukaan selama berjam-jam.

“Saya akan selalu mendorong penumpang untuk membersihkan meja nampan dan permukaan lainnya sebelum berangkat. Saya telah melihat penumpang mengganti popok bayi mereka di atas meja nampan, dan memotong kuku mereka di papan tulis,” ujar seorang awak kabin.

Studi lain menemukan meja nampan di berbagai pesawat memiliki tingkat bakteri yang tinggi. Bahkan beberapa nampan meja adalah area terburuk di pesawat untuk masalah, bahkan lebih buruk daripada toilet. Dengan kenyataan ini, baiknya sebagai penumpang yang cermat tidak langsung meletakkan makanan di meja nampan dan memilih untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum digunakan.

Sementara staf maskapai membersihkan kabin di antara penerbangan, ini terutama membersihkan sampah. Tetapi mereka tidak punya waktu untuk membersihkan dan menyapu setiap nampan di pesawat di antara penerbangan.

Sebagian besar maskapai penerbangan tidak berbagi seberapa sering mereka membersihkan bagian dalam pesawat sehingga Anda harus selalu membawa beberapa tisu di tas tangan Anda. Anda mungkin juga ingin ketinggalan meletakkan barang-barang di saku kursi di depan karena penelitian telah mengungkapkan bahwa mereka juga merupakan salah satu daerah yang terinfeksi kuman di pesawat dengan satu studi membuktikan itu adalah area paling kotor di pesawat.

Baca juga: Meski Terlihat Bersih, Kursi dan Meja Lipat di Kabin Pesawat Dipenuhi Bakteri

Pramugari lain juga mendesak penumpang untuk membawa bantal dan selimut mereka sendiri. Rupanya satu-satunya deep-clean di pesawat terjadi semalam dan beberapa maskapai penerbangan bahkan menggunakan kembali selimut mereka tanpa mencuci mereka.

Leave a Reply