Melbourne Kembali Lockdown, Penumpang Kereta yang Tiba di Stasiun Central Sydney Kabur Saat Diperiksa

0
(9news.com.au)

Seorang penumpang pria yang tiba di Sydney (Negara Bagian New South Wales) dari Melbourne (Negara Bagian Victoria) dengan layanan kereta XPT mencoba melarikan diri dari pihak kepolisian dan keamanan stasiun. Pria ini kemudian diamankan polisi dan kemudian diperiksa suhunya sebelum memberikan data kesehatan miliknya kepada otoritas. Saat diamankan awalnya pria tersebut menolak pemeriksaan suhu tubuh.

Baca juga: Kabar Sedih, Australia Tutup Akses Masuk Buat Wisatawan Hingga 2021

Namun setelah dipastikan dia tidak datang dari hotspot yang teridentifikasi pandemi Covid-19, maka diizinkan untuk pergi. Diketahui, semua penumpang yang tiba di stasiun harus diperiksa otoritas transportasi dan kesehatan untuk pemeriksaan suhu tubuh dan dokumen yang dibawa untuk dicatat karena perlu untuk beberapa hari mendatang.

Dilansir KabarPenumpang.com dari 9news.com.au (7/7/2020), pria tersebut merupakan salah satu dari 75 penumpang lainnya yang tiba dengan kereta XPT di Stasiun Central. Mereka tiba sebelum pembatasan yang ketat diberlakukan untuk mengentikan penyebaran Covid-19.

Bisa dikatakan, kereta XPT tersebut menjadi layanan terakhir sebelum pembatasan baru diberlakukan mulai 9 Juni 2020 dan berlangsung selama enam minggu di Melbourne serta dan Micthell Shire. Seorang penumpang yang tiba dengan layanan XPT terakhir itu mengatakan dirinya beruntung bisa kembali ke Sydney sebelum pembatasan baru diberlakukan.

“Kami hanya beruntung karena kami tidak tahu bahwa mereka akan menutup perbatasan hari ini sehingga kami hanya beruntung bahwa kami membeli tiketnya kemarin,” katanya.

Penumpang wanita itu mengaku bahwa dirinya terus menggunakan masker diseluruh perjalanan untuk menghindari kemungkinan tertular virus corona tersebut.

“Aku sebenarnya sangat khawatir,” katanya.

Diperkirakan setidaknya sebulan sebelum layanan dapat berjalan lagi karena penutupan perbatasan yang mengharuskan siapa pun yang memasuki NSW dari Victoria untuk mengajukan izin online sebelum mencoba memasuki negara bagian tersebut. Bahkan warga Victoria hanya akan dapat memasuki NSW karena alasan yang sangat terbatas, seperti mendapatkan perawatan medis atau memenuhi kewajiban hukum.

Baca juga: Lockdown Serempak Bikin Travelers Hampir Mustahil Bepergian Lintas Benua

Pembatasan baru diumumkan kemarin setelah lonjakan yang mengkhawatirkan dalam kasus Covid-19 baru di Victoria. Dalam pembatasan baru yang kembali diberlakukan ini, militer akan membantu polisi mengamankan puluhan jalan perbatasan, bahkan drone juga akan dikerahkan untuk misi pengawasan.

Leave a Reply