Mencekam! Begini Detik-detik Penumpang Histeris Saat Pesawat Terbakar Akibat Bird Strike

0
Detik-detik penumpang histeris akibat pesawat terbakar gegara bird strike. Foto: Instagram @atyrauoil.official

Belum lama ini, sebuah pesawat Boeing 737 dilaporkan tiba-tiba berguncang hebat saat melakoni penerbangan malam hari. Sejurus kemudian, mesin sebelah kiri pesawat diliputi asap disusul api. Pesawat diduga menabrak kawanan angsa yang tengah bermigrasi atau bird strike. Akibatnya penumpang pun menjadi histeris.

Baca juga: Ngeri! Inilah Video Detik-detik Boeing 767 Atlas Air Terbakar Saat di Udara

Dilansir thesun.co.uk, pesawat dari maskapai SCAT Airlines, dengan nomor penerbangan DV766 ini mula-mula terbang dengan mulus. Namun, saat diperjalanan, pesawat tiba-tiba berguncang dengan amat keras. Awalnya, penumpang masih mencari-cari penyebab guncangan tersebut tanpa diliputi rasa cemas berlebih.

Akan tetapi, dalam sebuah video viral, setelah seorang penumpang melihat ada api di mesin sebelah kiri dan diamini oleh penumpang lainnya, seorang penumpang pun histeris dan menyebut, “Apakah (pesawat) kita terbakar? Apakah (pesawat) kita terbakar? (pesawat) kita terbakar,” katanya. Penumpang lainnya juga tak kalah histeris dengan melantunkan doa-doa seolah pesawat akan berakhir nahas dan merenggut nyawa mereka semua.

Pesawat yang berangkat dari Atyrau, dekat Laut Kaspia, menuju ibu kota Nur-Sultan, Kazakhtan itu pun akhirnya dilaporkan berhasil mendarat darurat dengan selamat beberapa waktu setelah diketahui salah satu mesinnya terbakar.

Setelah mendarat, sebuah video menunjukkan bulu-bulu dari kawanan angsa tersebut masih menempel di mesin pesawat. Dalam video tersebut pula, bilah-bilah mesin pesawat tampak rusak akibat insiden bird strike itu.

Insiden mesin terbakar belum lama ini, tepatnya pada akhir September lalu, juga pernah terjadi. Sebelumnya, sebuah penerbangan charter Atlas Air belum lama ini dikabarkan terbakar saat di udara. Dalam video yang beredar, sumber api diketahui berasal dari mesin sebelah kanan dan membuat kabin yang gelap gulita menjadi berwarna merah menyala akibat kobaran api.

Dari laporan 6abc.com, pihak maskapai sendiri mengakui adanya kejadian tersebut. Melalui sebuah penyataan, salah satu raksasa kargo dan charter di dunia ini menyebut api berkobar akibat kerusakan di salah satu mesin pesawat.

Baca juga: Efek Bird Strike: Pesawat Setara Tabrak Objek Seberat 32 Ton! Kok Bisa?

“Penerbangan penumpang Atlas Air mendarat dengan selamat di Bandara Internasional Daniel K. Inouye di Honolulu menyusul masalah mekanis dengan satu mesin. Di Atlas, keselamatan selalu menjadi prioritas utama kami dan kami akan melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk menentukan penyebabnya,” bunyi penyataan maskapai.

Insiden mesin terbakar bermula saat pesawat Boeing 767 milik maskapai penerbangan Atlas Air lepas landas dari Pangkalan Angkatan Udara Hickman, Honolulu, Hawaii, menuju ke Guam, Barat Samudera Pasifik, Amerika Serikat(AS). Beberapa menit berselang, mesin pesawat widebody dengan lebar terkecil di dunia yang memuat anggota militer ini terbakar dan pesawat terpaksa melakukan pendaratan darurat di Honolulu. Beruntung, tak ada korban tewas atas insiden tersebut.

Leave a Reply