Mengenal Aircraft Skin Tag, Gantungan Kunci dari Kulit Asli Pesawat

0
Aircraft skin tag dari pesawat asli Airbus A320-200 yang dijual PlaneSkins. Foto: SkyArt.com

Bisnis pesawat purna tugas lama-kelamaan semakin diminati. Sebab, 6.000 pesawat dalam 20 tahun mendatang akan mencapai akhir jam terbangnya. Lantas pesawat tua dibuang ke mana? Sebagian mungkin bakal dibuang ke kuburan pesawat di Gurun Mojave, sebagian lagi didaur ulang dan dibuat jadi barang berharga.

Baca juga: Percaya atau Tidak? Airbus A380 Dijual Rp415 Ribu!

Melihat hal itu, riset di Eropa coba mencari teknik pembuangan yang paling ekonomis dan ramah lingkungan. Hal itu dikarenakan pesawat dibuat dari 60 persen alumunium, 15 persen baja, 10 persen logam berharga mahal seperti titanium. Jadi, terlalu sayang untuk dibuang begitu saja, selain untuk menyelamatkan lingkungan.

Valliere Aviation, salah satu raksasa daur ulang pesawat tua di Eropa, mengerti betul betapa menggiurkannya pesawat tua.

Biasanya pesawat tua dihancurkan, dibersihkan dari komponen radioaktif sesuai panduan hijau Eropa, diklasifikasikan, dan diteliti bagian mana saja yang masih bisa dipertahankan, seperti suku cadang berharga, roda pendaratan, mesin, dan peralatan avionik.

Semua itu untuk dijual kembali di pasar suku cadang internasional. Namun, itu bukan bisnis satu-satunya. Di luar itu, salah satu bisnis daur ulang pesawat yang paling familiar adalah gantungan kunci dari kulit asli pesawat atau aircraft skin tag.

Gantungan kunci asli dari bagian Airbus A380. Foto: Pinterest

Aircraft skin sendiri adalah kulit luar pesawat yang menutupi hampir seluruh badan sampai sayap pesawat. Dikarenakan ini merupakan bisnis daur ulang, tentu, aircraft skin yang digunakan untuk membuat gantungan kunci datang dari pesawat-pesawat yang sudah pensiun.

Dilansir skyart.com, biasanya produsen aircraft skin tag hampir pasti mempertahankan warna cat asli pesawat. Selain untuk menekan biaya, itu juga meningkatkan nilai jual dari gantungan kunci itu sendiri.

Nilai jual di sini datang dari prestisiusitas pesawat yang digunakan sebagai gantungan kunci. Semakin langka, ikonik, dan legendaris pesawatnya, tentu semakin tinggi harga jual aircraft skin tag-nya.

Informasi terkait riwayat pesawat, mulai dari awal diproduksi sampai resmi dipensiunkan maskapai, juga tertera di masing-masing gantungan kunci melalui kode QR yang tertera. Jadi, nilai sejarah dan prestiusitas pesawat benar-benar jadi penentu harga jual, di samping berbagai faktor lainnya.

Baca juga: Boeing Jual Furniture dari Suku Cadang Asli Pesawat 747 hingga F-4 Phantom! Segini Harganya

Sebagai contoh, gantungan kunci dari badan pesawat asli Airbus A380 harganya pasti lebih mahal dibanding pesawat lain di bawahnya.

Di situs aviationtag.com, perusahaan pendaur ulang pesawat yang berbasis di Cologne, Jerman, tertera gantungan kunci dari badan pesawat asli Airbus A380 dijual seharga mulai dari Rp415.000. Sedangkan harga aircraft skin tag dari pesawat asli Boeing 737 Batavia Air yang dijual di Tokopedia dijual seharga Rp325.000.