Mengenal Kereta Api Gajayana

Kereta api Gajayana adalah kereta api kelas eksekutif yang melayani perjalanan kereta api di Pulau Jawa jurusan Malang–Jakarta dan sebaliknya. Rute sepanjang 907 km tersebut dapat ditempuh kereta ini dalam waktu sekitar 14 jam 30 menit. Dalam perjalananya, KA Gajayana hanya berhenti d stasiun-stasiun kota yaitu Stasiun Malang, Kepanjen, Wlingi, Blitar, Tulungagung, Kediri, Kertosono, Madiun, Solo Balapan, Yogyakarta, Karanganyar, Purwokerto, Cirebon, Jatinegara, dan berakhir di Stasiun Gambir.

KA Gajayana resmi beroperasi sejak 28 September 1999. Sempat dirangkaikan dengan kelas bisnis pada awal pengoperasiannya. Nama Gajayana berasal dari seorang raja dari Kerajaan Kanjuruhan yang bernama Sang Liswa (anak dari Dewa Shima) dan terkenal dengan gelar Gajayana yang sangat dicintai oleh para brahmana dan rakyatnya karena membawa ketenteraman di seluruh negeri. Kerajaan Kanjuruhan ini berpusat di wilayah Dinoyo, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

Sebagai kereta api kelas eksekutif, KA Gajayana memiliki rangkaian kereta eksekutif terbaru produksi INKA yang didesain layaknya pesawat. Kereta ini juga dilengkapi fasilitas yang lengkap untuk menjamin kenyamanan bagi penumpang selama perjalanan.

daftar-harga-tiket-kereta-api-gajayana

Rangkaian KA Gajayana terdiri dari 8 gerbong Kereta Kelas Eksekutif K1 Argo, disertai 1 kereta makan bermotif batik (KM1), 1 kereta bagasi pembangkit listrik (P) dan 1 gerbong bagasi (B). Tiap kereta memiliki kapasitas tempat duduk untuk 52 penumpang. Desain interior kereta cukup mewah yang mempertimbangkan aspek estetika, kenyamanan dan keselamatan. Desainya dilengkapi peredam suara dan isolasi panas.

Fasilitas-fasilitas yang disediakan di dalam kabin kereta api kelas eksekutif ini antara lain yaitu set AC, 2 LED TV, audio/video, stop kontak, serta toilet yang bersih dan nyaman. Tempat duduknya didesain ergonomis yang dilengkapi meja statis dan sandaran kaki. Tiap penumpang disediakan bagasi yang aman seperti di kabin pesawat.

Fasilitas lain dari kereta ini yaitu pintu ruangan yang menggunakan sistem geser otomatis, kaca jendela dupleks dilapisi laminasi isolator panas dan bertirai. Untuk fasilitas keselamatanya dibekali dengan tabung pemadam kebakaran dan emergency brake. Kelebihan lainya yaitu pelayan yang ramah dan hidangan yang lezat dan higienis.

Dengan fasilitas-fasilitas kelas eksekutif tersebut, memang mempengaruhi harga tiket yang relatif lebih maha. Tiket keeta api Gajayana dari Malang menuju Jakarta berkisar antara 350-600 ribu. Namun harga tersebut dirasa cukup sesuai dengan fasilitas dan kenyamanan yang diberikan. Untuk info lebih lengkap mengenai jadwal ataupun pemesanan tiket KA Gajayana, Anda dapat mengunjungi situs resmi PT KAI di www.kereta-api.co.id.