Mengenal Non-Terrestrial Hostile, Satu Faktor yang Sumbang Tingkat Flying Stress Pada Pilot!

Ilustrasi Pilot yang Mengantuk. Sumber: therogueaviator

Setelah pada artikel sebelumnya telah dijelaskan tentang faktor-faktor apa saja yang mampu membuat seorang pilot mengalami flying stress ketika tengah bertugas, maka pembahasan kali ini sedikit lebih spesifik mengenai salah satu faktor yang melatarbelakangi hal tersebut.

Baca Juga: Kenali Flying Stress, Situasi yang Bisa Buyarkan Konsentrasi Penerbang

Sebenarnya, apabila Anda tidak memiliki trauma atau phobia terhadap ketinggian, maka mengudara dengan menggunakan pesawat bukanlah hal yang aneh. Lalu apa jadinya dengan pilot yang harus menghabiskan banyak waktunya di udara? Terlebih jika pilot tersebut sudah memiliki jam terbang yang cukup tinggi – bukan tidak mungkin apabila ia harus menerbangkan penumpang sampai puluhan jam lamanya.

Dalam ilmu psikiatrik dirgantara, lingkungan penerbangan kerap disebut pula lingkungan yang non-terrestrial hostile. KabarPenumpang.com mengutip dari majalah Angkasa, sesuai dengan namanya saja, mengudara merupakan suatu kegiatan abnormal karena pada dasarnya manusia lebih banyak menghabiskan waktu di darat. Ya, bekerja di udara bagi manusia memang bukan satu pekerjaan yang mudah untuk dilaksanakan, dimana nyawa mereka sendiri dan para penumpang beserta awak kabin yang ada di dalam suatu penerbangan seolah ‘dikendalikan’ oleh kepiawaian para pilot untuk menerbangkan pesawat – terlepas dari faktor eksternal seperti pesawat dan cuaca.

Selain kepiawaian pilot untuk mengemudikan pesawat, tantangan lain yang harus dijabani oleh mereka adalah beradaptasi dengan ruang lingkup pekerjaan mereka, yaitu di udara. Tidak hanya sebatas beradaptasi dengan suasana di ruang kokpit hingga di luar kaca kemudi – dimana para pilot disapa oleh hamparan awan biru ketika siang hari dan taburan bintang di malam hari, namun mereka juga harus tahan banting dan kemampuan untuk bereaksi secara cepat dan tepat.

Baca Juga: Inilah Penyebab Ketika Pilot Benar-Benar Kelelahan!

Nah, tapi seperti yang sudah disebutkan di atas, non-terrestrial hostile ini memang yang paling mudah dirasakan oleh para pilot muda. Dapatkah Anda membayangkan jika meja kerja Anda digantikan oleh puluhan hingga ratusan tombol dan panel yang masing-masingnya memiliki fungsi tersendiri, dan Anda akan ‘terjebak’ pada situasi ini dalam rentang waktu tertentu yang tidak bisa Anda prediksi (lama masa abdi Anda sebagai pilot).

Jadi, bagi Anda yang masih punya angan untuk jadi seorang pilot, ada baiknya Anda pastikan diri terlebih dahulu sebelum menopang tanggung jawab yang super besar!