Mengharukan! Setelah 52 Tahun Mengemudi Bus Sekolah, Kakek 80 Tahun Ini Undur Diri

Melakukan pekerjaan dalam kurun waktu puluhan tahun, dan dijalani sepenuh hati dengan melayani banyak orang, pastinya akan membawa pengaruh besar dalam perjalanan hidup seseorang. Seperti yang dilakoni Max Powell, kakek yang kini berusia 80 tahun ini selama 52 tahun menjalankan profesi sebagai pengemudi bus sekolah di Fayette County School di Negara Bagian Georgia, Amerika Serikat. Dan karena alasan kesehatan, Powell yang memulai mengantar jemput anak sejak tahun 1958 harus mengundurkan diri dari mengemudi bus kuning.

KabarPenumpang melansir berita ini dari newsexaminer.com (13/9/2017), yang menyebutkan Max Powell sebelum pensiun dari dunia mengemudi terakhir mengendarai bus 12-01 pada Jumat (8/9/2017) kemarin dan ikut mengantar anak-anak sekolah untuk mengenalkan pada pengemudi baru. Powell diketahui sudah menjadi pengemudi bus sekolah lokal dan membawa murid-murid dari dan ke sekolah Fayette County menggantikan sang ayah yang mengemudi ke sekolah tersebut selama 45 tahun.

Baca juga: Google Pasang WiFi di Bus Sekolah Untuk Kemudahan Siswa di Pedesaan

Bila dijumlahkan dengan dengan waktu mengemudi sang ayah, Powell dan Sang Ayah, Floyd W Powell telah mengemudi ke sekolah tersebut selama 97 tahun. Di tahun 2016 lalu, Powell bahkan menyetir setiap hari di umur 80 tahun tanpa ada istirahat. Sebenarnya, pensiunnya yang kali ini adalah kedua kalinya dari korps mengemudi untuk sekolah. Tahun 1994 Powell pensiun setelah 36 tahun mengemudi karena mengambil pekerjaan mengemudi truk untuk Roots. Selama enam tahun dia melakukan pekerjaan tersebut hingga akhirnya kembali mengemudikan bus.

Max Powell (www.newsexaminer.com)

Saat dirinya menyatakan pensiun karena kondisi kesehatannya, anak-anak sekolah yang selama ini diantar memeluk Powell dengan haru, terutama siswa kelas satu, dua dan tiga. “Saya mulai mengendarai bus sejak tahun 1958, saat itu usia saya 21 tahun. Waktu itu tidak diperlukan pelatihan mengendarai bus, lisensinya pun disebut Public Pasenger Licence tetapi sekarang menjadi Surat Izin Mengemudi Komersial,” kenangnya.

Lebih lanjut Powell bercerita, pertama mengemudikan bus dirinya mendapat bayaran US$3 per hari karena rute yang dilaluinya cukup singkat. Kemudian melakukan dua perjalanan pagi dan sore yang berasal dari Fayette Central Elementary School sampai Gorton Estates, Dun Grazin, Irish Acres, Harrisburg dan di antaranya. Dia kemudian membawa siswa dari Sekolah Menengah Connersville ke Fayette Central dimana beberapa siswa naik bus lain dan dia mengambil siswa dari sekolah menengah untuk dibawa pulang.

Keamanan Pada Bus Sekolah
Dikutip dari sumber yang sama, Powell memberika wejangan tentang keselamatan pada bus sekolah. Powell mengatakan, keselamatan menjadi perhatian utama saat ini. Bus diesel lebih aman karena jika ada kebakaran, tidak akan separah bensin.

Ibarat monitoring pada pilot, dua kali dalam setahun, pengemudi bus sekolah di AS harus memiliki latihan evakuasi dengan para siswa untuk memastikan mereka tahu dimana letak pintu keluar dan apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat. “Dalam latihan evakuasi itu, saya selalu mengingatkan mereka bahwa keselamatan mereka adalah hal yang paling penting dan kita sebagai pembalap membutuhkan kerja sama mereka untuk menjaga keselamatan. Saat saya di Pramuka, motto itu ‘Bersiaplah,’ jadi penting disiapkan untuk keadaan darurat apa pun,” kata Powell.

Baca juga: Teknologi yang Terpasang di Bus ini Mampu Lacak Keberadaan Siswa, Lho!

“Ketika saya masih sekolah, tidak ada impian untuk suatu hari akan mengemudikan bus. Itu sepeeti kebetulan terjadi dan Saya menikmati masa berkendara tersebut, itulah sebabnya saya masih mengemudi di usia 80 tahun. Jika Anda ingin menjadi pengemudi bis sekolah, resepnya Anda harus mencintai siswa atau Anda tidak dapat menjalankan pekerjaan ini secara maksimal,” kata Powell.