Mengular 25 September 2018, Inilah Rincian Tarif Kereta Cepat Haramain Express!

0
Kereta Cepat Haramain. Sumber: istimewa

Setelah sekian lama, akhirnya operator Haramain Express, kereta cepat di Jazirah Arab telah mengumumkan rincian harga yang akan diterapkan pada layanan tersebut. Kendati baru diumumkan beberapa waktu yang lalu, namun operator telah mewanti-wanti bahwa tiket ini kemungkinan akan naik sehubungan dengan peningkatan frekuensi dari kereta tersebut. Adapun peluncuran layanan kereta cepat ini diadakan pada 25 September kemarin, yang dihadiri langsung oleh Raja Salman.

Baca Juga: Operator Kereta Cepat Arab Saudi (Kembali) Revisi Jadwal Peluncuran

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, ada delapan layanan yang akan mengular setiap harinya di sepanjang rute Mekkah dan Madinah – setidaknya kedelapan layanan ini akan bertahan hingga akhir tahun 2018. “Ada kemungkinan tahun 2019 mendatang, layanan akan ditingkatkan menjadi 12 kali – semua tergantung permintaan,” tutur salah seorang juru bicara dari Haramain Express.

Sebelum memasuki masa pengoperasiannya, operator telah memastikan bahwa keseluruhan gerbong sudah layanan dan siap untuk dioperasikan. Peluncuran ini semakin mantap manakala operator telah mengantongi ijin pengoperasian dari Menteri Transportasi Nabeel Al-Amoudi yang pada awal bulan September kemarin, dirinya menyempatkan diri untuk meninjau langsung kesiapan operasi dari Haramain Express.

Dengan didampingi oleh Kepala Otoritas Transportasi Umum Rumih Al-Rumaih dan CEO Saudi Railway Company Bashar Al-Malik, Nabeel Al-Amoudi melakukan inspeksi ke Stasiun Kereta Api Jeddah di Sulaimaniyah dan Stasiun Kereta Api Makkah di Rusaifa. Tidak hanya itu, Nabeel Al-Amoudi pun menyempatkan diri untuk melakukan perjalanan di antara dua kota tersebut.

Nah, menyinggung soal harga sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, Saudi Railway Company membanderol harga SAR40 atau yang setara dengan Rp159.000 untuk rute Jeddah – Mekkah kelas reguler dan SAR50 atau yang setara dengan Rp199.000 untuk kelas bisnis. Sebuah harga yang cukup adil untuk melakukan perjalanan sejauh 86,3 km (jarak antar Jeddah dan Mekkah) dengan menggunakan kereta mewah berkecepatan tinggi, bukan?

Sedangkan harga yang ditawarkan pihak operator untuk perjalanan sejauh 450,9 km yang membentang antara Mekkah dan Madinah adalah SAR150 atau sekitar Rp596.000 untuk kelas reguler dan SAR250 atau berkisar Rp993.000 untuk kelas bisnis.

Baca Juga: Jelang Pengoperasian Komersial, Haramain Express Belum Tentukan Tarif

Sementara untuk rute Mekkah – Rabigh dibanderol dengan harga SAR40 (Rp159.000) untuk kelas turis, Jeddah – Rabigh dengan harga SAR23 (Rp91.000) untuk kelas turis, Jeddah – Madinah dengan harga SAR63 (Rp250.000) untuk kelas turis, dan Rabigh – Mekkah dengan harga SAR50 (Rp199.000) untuk kelas turis.

Untuk menarik minat pengunjung, Rumih Al-Rumaih memberlakukan potongan harga sebesar 50 persen selama dua bulan, terhitung sejak Oktober 2018, lho!

 

Leave a Reply