Menjadi yang Pertama di Australia, Bandara Melbourne Hadirkan eGate dan Smart Security

(vancouverweloveyou.com)

Bandara Melbourne dikabarkan memiliki sistem penyaringan kemanan bandara pintar dan yang pertama di Australia. Kehadiran keamanan pintar ini sendiri bertujuan untuk mengurangi antrian yang panjang dan meningkatkan penglaman perjalanan baru bagi para pelancong.

Baca juga: Bandara Internasional Hong Kong Hadirkan e-Security Gates

Kemanan pintar ini berada di zona Terminal 2 Melbourne yang terdiri dari jalur elektronik Gate atau eGate dan Smart Security. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman airport-technology.com (29/3/2019), jalur keamanan ini dilengkapi dengan pemindai tubuh dan sistem pengembalian baki secara otomatis sehingga membuat proses penyaringan lebih mudah den efisien untuk pelancong.

Adanya inisiatif ini, Bandara Melbourne sendiri sudah membuka tiga jalur tambahan yakni jalur cepat khusus, jalur staf dan barang. Pembagian tersebut memungkinkan bandara meningkatkan kapasitas pemrosesan penumpang hingga sebesar 35 persen dari biasanya.

Menurut pihak bandara, titik penyaringan keamanan T2 juga menampilkan façade baru dengan tanda ‘Melbourne’, bersama dengan tanda yang lebih terang untuk memandu penumpang menuju keberangkatan. Kepala aviasi penerbangan Bandara Melbourne David Hall mengatakan dirinya bangga bahwa Melbourne memimpin dalam pendekatannya terhadap keamanan.

“Para pelancong dan pengunjung Victoria sama-sama akan menuai manfaat dengan menghabiskan lebih sedikit waktu dalam antrian, menciptakan pengalaman yang lebih ramping pada apa yang sering kali bisa menjadi salah satu bagian yang paling menegangkan dari perjalanan pelancong,” tambah Hall.

“Dengan menggunakan eGates kami dapat meninjau beberapa boarding pass pada satu waktu, mengurangi antrian di pintu masuk aula. EGates juga memiliki kemampuan untuk berintegrasi dengan teknologi pengenalan wajah di masa depan.”

Baca juga: Bandara Kuala Lumpur Hadirkan “MYairports” untuk Mudahkan Penumpang

Hall menambahkan, adanya sistem pengembalian baki otomatis tersebut bisa memungkinkan penumpang untuk menyalip pelancong yang lebih lambat dan membantu banyak orang untuk memasukkan barang bawaan mereka ke baki di jalur manapun. Setiap jalur pemeriksaan keamanan menampilkan peralatan bernilai $1 juta atau senilai Rp10,13 miliar untuk memastikan keamanan kelas dunia dan layanan pelanggan.

Bandara Internasional Hong Kong (HKIA) pada September 2018 lalu juga mengadirkan gate e-Securitynya. Kehadiran gate ini sendiri untuk memvalidasi dokumen pelancong yang akan berangkat dan berada di Terminal 1 bandara tersebut.