Menolak Pakai Masker Selama Penerbangan, Siap-siap Pramugari Akan ‘Catat’ Nama Penumpang!

0
Sumber: Istimewa

Saat calon penumpang masuk ke area bandara, sesuai standar dan protokol pencegahan  Covid-19, maka semua diwajbkan mengenakan masker, dan itu telah berlaku di seluruh dunia. Namun, saat penumpang sudah berada di dalam kabin pesawat, rupanya banyak yang justru melepas masker, mungkin karena jengah terus-terusan mengenakan masker dalam perjalanan, apalagi jika yang dilakoni adalah long flight.

Baca juga: JetBlue Jadi Maskapai Besar AS Pertama yang Wajibkan Penumpang Pakai Masker

Nah, guna menrapkan kepatuhan pada penumpang, selain himbauan, maka maskapai seperti American Airlines rupanya punya cara tersendiri untuk menangani penumpang yang menolak mengenakan masker saat di kabin.

American Airlines dengan cepat menerapkan kebijakan baru pada penumpang yang tidak mau menggunakan masker saat di dalam kabin. Bahkan penolakan tersebut bisa berujung kepada penumpang itu kemungkinan di masa depan tak lagi boleh terbang bersama maskapai American Airlines.

Pemberitahuan ini dibagikan pada hari Selasa (16/6/2020) kepada awak kabin yang mana American Airlines meminta mereka untuk meningkatkan situasi yang melibatkan penumpang bandel. Awak kabin dalam pemberitahuan tersebut hanya cukup melaporkan nama-nama para penumpang bandel yang tak mengenakan masker.

Dilansir KabarPenumpang.com dari forbes.com (16/6/2020), seorang awak kabin American Airlines yang baru-baru ini melakukan perjalanan selama seminggu mengatakan, banyak penumpang yang menggunakan masker, tetapi semakin banyak yang tidak menggunakan. Awak kabin yang tidak mau disebutkan namanya itu menambahkan, pernah mendapati seorang penumpang tidak menggunakan masker padahal sudah diminta.

Dalam kasus seperti ini, pemberitahuan tersebut mengatakan awak kabin harus memberikan nama penumpang kepada departemen keamanan maskapai. Nantinya pihak departemen akan menentukan apakah penumpang tersebut bisa terbang dengan mereka lagi atau tidak.

Sayangnya pihak maskapai belum secara terbuka menyebutkan prosedur untuk penumpang yang tidak menggunakan masker. Dalam siaran pers yang dikeluarkan American Airlines, pada (15/6/2020), mereka mengatakan akan memberlakukan kebijakan yang sudah diumumkan pada 4 Mei lalu di mana setiap penumpang wajib menggunakan masker.

Otoritas penerbangan mengatakan dalam pengumuman publik sebelum berangkat, awak kabin harus mengingatkan penumpang bahwa masker harus dikenakan. Namun, persyaratan penggunaan masker tidak berlaku jika ada pengecualian medis. Meski begitu awak kabin juga akan membagikan masker kepada penumpang yang tidak memilikinya.

Dalam pengumuman pra-penerbangan, penumpang akan diberitahu, maskapai sekarang meminta semua pelanggan untuk mengenakan penutup wajah selama penerbangan. Mengenakan penutup wajah membantu melindungi Anda dan orang-orang di sekitar Anda dan menunjukkan pertimbangan kepada orang lain yang bepergian.

“Meskipun diperbolehkan untuk melepas penutup wajah saat makan atau minum, Anda harus mengenakan penutup wajah Anda sepanjang waktu selama penerbangan kami. Jika Anda tidak mau mengikuti persyaratan ini, Anda mungkin tidak diizinkan terbang bersama kami di masa depan,” kata American Airlines.

Baca juga: Garuda Indonesia Bakal Hapus Kewajiban Pakai Masker, Penumpang ‘Cukup’ Kenakan Face Shield

United Airlines juga membuat kebijakan yang sama dengan mewajibkan seluruh penumpang menggunakan masker selama penerbangan.

Leave a Reply