Menyusup di Aplikasi RadickRadio, Aplikasi Ride Hailing Asal Iran Dihapus dari App Store!

0

Apple mengambil langkah keras menegakkan sanksi, memblokir seluruh negara yang mengakses App Store pada tahun 2018, setelah melarang semua aplikasi dari pengembang Iran tahun 2017 lalu. Hal ini dilakukan untuk memenuhi sanksi Amerika Serikat. Salah satu aplikasi yang dihapus oleh Apple adalah Snapp.

Baca juga: Ingatkan untuk Perbaiki Hijab Penumpang, Aplikasi Ride-Hailing Iran Malah Diboikot!

Snapp merupakan layanan berbagi perjalanan yang populer di Iran. Namun ternyata setelah dihapus, pengembang kemudian memasukkannya lagi ke App Store dan menyembunyikannya ke dalam dalam aplikasi musik bernama RadickRadio.

KabarPenumpang.com melansir dari laman theguardian.com, (30/1/2020), kebohongan aplikasi RadickRadio tersebut ditemukan minggu-minggu ini. Di mana nyatanya ketika di buka oleh pengguna Amerika Serikat, aplikasi ini berfungsi sebagai layanan musik.

Tetapi ketika aplikasi tersebut dibuka dengan menggunakan VPN alamat IP Iran, maka yang akan keluar sebenarnya adalah aplikasi Snapp yang merupakan aplikasi ride-hailing seperti Uber. Ketika kebohongan tersebut terbongkar, Apple langsung menghapus RadcikRadio dari App Store.

Aplikasi RadickRadio di App Store (theguardian.com)

 

Apple mengambil tindakan tegas dengan membuat aplikasi tersebut untuk di hapus. Sehingga pengguna tak lagi bisa menginstal maupun memperbaharui aplikasi RadickRadio.

Tak hanya itu, meski sudah dihapus dari layanan App Store, perusahaan tidak menghapus aplikasi yang sudah diunduh pengguna pada ponsel mereka. Sehingga warga Iran yang sudah berhasil mengunduh RadickRadio sebelum dihapus dari App Store, masih memiliki akses ke perusahaan tersebut.

Sebelumnya, ternyata media teknologi Iran secara terbuka sudah membahas peluncuran kembali Snapp. Situs click.ir menuliskan bahwa aplikasi Snapp kembali ke iOS dengan nama baru.

“Pengguna yang akan mengunduh aplikasi Snapp di iOS hanya perlu mencari aplikasi RadickRadio di App Store dan Anda akan langsung mendapat akses ke Snapp,” tulis media tersebut.

Baca juga: Sejumlah Bandara Mulai Uji Coba Face Recognition, Seberapa Amankah Pengaplikasiannya?

Penghapusan aplikasi ini akan terjadi dalam hal apapun. Tetapi ketegangan Amerika Serikat dengan Iran yang ekstrem setelah pembunuhan Jenderal Qasem Soleimani, itu mungkin masalah yang lebih mendesak. Diketahui, RadickRadio pertama kali muncul di App Store pada awal Juli menawarkan berbagai stasiun radio yang memainkan genre termasuk musik rock klasik, folk, dan pop. Ribuan ulasan aplikasi menambah kesan bahwa itu adalah pemutar musik sederhana, dan bagi siapa pun di luar Iran yang tampaknya seperti itu.

Leave a Reply