Mercitalia Fast, Kereta Kargo Berkecepatan Tinggi Asal Negeri Pizza

0
Sumber: freightwaves.com

Pada bulan November 2018 kemarin, operator kereta api milik negara Italia Ferrovie dello Stato Italiane meresmikan layanan kereta berkecepatan tinggi pertama di dunia yang didedikasikan untuk pengiriman barang (angkutan kargo), yang akan mengular antara Caserta di sebelah Selatan Italia dan Bologna. Kendati masih permulaan, namun di luar sana ada sekelompok orang yang mempertanyakan seputar layanan ini. Tapi tidak sedikit juga yang malah memuji inisiatif yang akan berpengaruh besar ke sektor pengiriman barang di masa yang akan datang.

Baca Juga: Dari London, Kereta Kargo East Wind Sampai di Yiwu Setelah 19 Hari!

Jika menilik standar yang diterapkan oleh Uni Eropa pada tahun 2011 lalu, mereka menyerukan bahwa sebanyak 30 persen angkutan kargo akan dialihkan dari darat menuju transportasi kereta api dan juga air pada tahun 2030 mendatang. Kendati angkutan kargo di negara-negara di Eropa tidaklah sebesar AS yang mencapai 30 persen, atau Rusia yang mencapai angka 80 persen – Eropa hanya 11 sampai 12 persen saja, namun langkah visioner yang diambil oleh Ferrovie dello Stato Italiane terbilang cukup inovatif.

Sebagaimana yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman railway-technology.com (15/1/2019), kereta kargo berkecepatan tinggi yang mampu mengular di atas rel existing ini digadang-gadang mampu menghubungkan Caserta dan Bologna, salah satu pusat logistik terpenting di Italia hanya dalam waktu tiga jam 30 menit saja.

Rangkaian kereta ini sendiri ditarik oleh trainset ETR 500 yang dimodifikasi (yang juga dikenal dengan nama Frecciarossa) akan terdiri dari dua belas gerbong – setara dengan 18 truk atau dua pesawat kargo.

Terlepas dari gambaran keberhasilannya di masa yang akan datang, Mercitalia Fast – nama dari kereta kargo ini, diluncurkan dengan tujuan untuk meningkatkan operasi logistik yang berkelanjutan dan sejalan dengan fokus kuat Pemerintah Italia pada antar moda transportasi.

Transportasi antar moda berpotensi mengurangi biaya operasional dan kehilangan barang, meskipun hanya dapat berfungsi jika didukung oleh jaringan yang cepat dan efisien. Mercitalia Fast datang dengan menawarkan solusi untuk hal tersebut, setelah menjadi salah satu dari sedikit layanan di Italia yang keterlambatannya dapat diukur hanya dalam hitungan menit saja.

Baca Juga: Kirim Motor Lewat Kereta, Baca Dulu Tipsnya!

Manajer dari Mercitalia Logistics, Marco Gosso mengatakan bahwa proyek ini akan membuka pintu bagi banyak layanan kereta api berkecepatan tinggi lainnya di seluruh Eropa. “Kami berada di garis depan layanan revolusioner yang memproyeksikan industri angkutan kereta api Italia ke milenium ketiga,” ujar Marco.

“Ini hanyalah langkah pertama yang bertujuan menjadikan transportasi kargo berkecepatan tinggi menjadi model garda terdepan di benua ini (dalam urusan antar-kirim barang),” tandasnya.

Selain itu, hadirnya layanan kereta kargo berkecepatan tinggi semacam ini juga secara otomatis akan mereduksi waktu pengiriman barang – yang pada akhirnya akan berujung pada kepuasan para pelanggan. Inovatif, bukan?

 

LEAVE A REPLY