Merespon Kebutuhan Penumpang, Angkasa Pura II Terapkan “Airport Go Digital”

Ilustrasi.

Mengadaptasi perkembangan teknologi dan merespon kebutuhan para calon penumpang pesawat udara, PT Angkasa Pura II (Persero) membuat inovasi terbaru untuk menerapkan “Airport Go Digital”. Sejak November 2016, AP II sudah meluncurkan aplikasi Indonesia Airports melalui Google Play Store untuk mendukung hal tersebut.

Sayangnya aplikasi ini baru ada di smartphone berbasis Android dan belum ada di smartphone berbasis iOS. Ini dikarenakan pangsa pasar masyarakat Indonesia lebih banyak menggunakan smartphone Android. Di dalam aplikasi Indonesia Airport, bandara-bandara yang dikelola AP II ada di dalam aplikasi ini, mencakup wilayah Jakarta, Medan, Palembang, Pontianak, Padang, Pekanbaru, Bandung, Aceh, Tanjung Pinang, Pangkal Pinang, Jambi dan Siborong-borong. Di dalam aplikasi ini juga tersedia menu untuk informasi penerbangan, lokasi toko dan café, airport care, nilai tukar mata uang, pemesanan taksi, hotel, dan fasilitas hiburan yang ada di bandara tersebut.
WhatsApp-Image-2017-02-28-at-13.02Di kutip dari goodnewsfromindonesia.id, President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, kedepannya dalam aplikasi Indonesia Airports akan dikembangkan transaksi melalui e-Wallet. “Nantinya semua yang ada dan keperluan dengan bandara yang dikelola AP II, akan lebih mudah melalui genggaman tangan Anda dan tak bisa dilepaskan dari konsep Smart Airport yang saat ini sedang dikembangkan,” ujar Muhammad Awaluddin.

Di aplikasi ini, untuk info kedatangan dan keberangkatan baik domestik dan internasional pun setiap waktu selalu ter-update. Sehingga bagi Anda penjemput atau penumpang maskapai bisa mengetahui posisi pesawat dan pengumuman penumpang. Informasi ini juga berisi tentang apakah pesawat mengalami delay atau tepat waktu.

airportss-1482286969

Tak hanya informasi keberangkatan, untuk Anda yang berada di lokasi bandara AP II, bila ingin membeli oleh-oleh bisa mencari di aplikasi. Dalam fitur shop, tertera harga yang paling murah hingga termahal. Untuk fitur restauran, seperti di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) yang memiliki banyak terminal yang terpisah, memudahkan Anda mencari tempat makan setiap terminal. Bila berada selain di Soetta, Anda juga bisa tahu letaknya tempat makan saat berada di bandara Aceh, Medan atau lainnya.

Hadirnya aplikasi Indonesia Airport ini membuat penumpang lebih mudah untuk mencari segala sesuatunya. Apalagi bagi Anda yang baru mampir ke salah satu bandara yang di kelola oleh AP II. Segala sesuatu yang Anda butuhkan, seperti dimudahkan melalui aplikasi ini.

Untuk memenuhi ini semua, pengelola bandara memanfaatkan kekuatan dari teknologi baru yang mapan, memiliki kapabilitas dan kemampuan untuk menganalisa, mengerti serta bertindak. Sistem teknologi baru ini, dibangun berdasarkan digital grid yang merupakan suatu jaringan network berbasis IP (internet protocol) yang terpusat dan memungkinkan komunikasi atau transfer broadband dengan kecepatan tinggi untuk seluruh ekosistem.