Meski Telat Mengadopsi Tangki Limbah, Kereta Greater Anglia di Inggris Kini Dilengkapi Toilet Canggih

0
saluran pembuangan limbah toilet kereta api

Meski dunia perkeretaapian Inggris jauh lebih unggul dari Indonesia, namun, ada sesuatu yang unik dalam hal sanitasi di gerbong kereta. Bila di Indonesia semua rangkaian gerbong, termasuk kelas bisnis telah menggunakan model tangki pembuangan limbah, tapi uniknya, di Inggris masih ada kereta penumpang yang menggunakan toilet model bolong, alias limbah kotoran dibuang langsung ke tanah/rel.

Baca juga: Kereta Api Inggris Masih Buang Limbah Toilet ke Rel

KabarPenumpang.com melansir dari laman guardian-series.co.uk (9/1/2021), baru-baru ini semua kereta baru Greater Anglia telah mengumpulkan limbah toilet dalam satu tangki besar Dimana nantinya limbah ini akan dibuang dengan aman di depo daripada dibuang di atas rel kereta. Kereta baru ini akan ada sebanyak 191 dan dengan total toilet keseluruhan ada 442 di dalam gerbong atau sekitar dua sampai tiga toilet setiap rangkaian kereta baru ini.

Untuk saat ini layanan Toilet Emisi Terkendali atau CET digunakan di depo Ilford, Orient Way, Norwich Crown Point, Southend, Colchester dan Cambridge. Stephanie Evans, manajer lingkungan dan energi Greater Anglia mengatakan, toilet yang mengumpulkan limbah daripada membuangnya ke rel adalah salah satu dari banyak manfaat lingkungan dari kereta baru mereka.

“Ini adalah cara lain untuk mengurangi dampak lingkungan kami dan juga akan membantu meningkatkan lingkungan lokal bagi penumpang di stasiun, penduduk yang tinggal di dekat jalur kereta api, dan pekerja jalur Rel Jaringan. Kami ingin mengingatkan penumpang di kereta tua tanpa toilet emisi terkontrol untuk tidak menyiram toilet di stasiun,” kata Stephanie.

Kereta baru dilengkapi dengan tangki besar, yang dapat menampung cukup limbah selama lebih dari tiga hari penggunaan rata-rata dari penumpang kereta api. Sehingga, setelah tangki penuh, atau bak toilet kehabisan air, maka toilet otomatis berhenti menerima limbah, karena diagnostik komputer menunjukkan ketinggian tangki toilet.

Baca juga: Bertarung Melawan Bau Busuk, Inilah Peran Petugas Pembersih Limbah Toilet Kereta

Untuk diketahui, hingga tahun 2019 lalu, kereta api Inggris masih membuang limbah toilet di rel kereta. Padahal sejak tahun 2017, Mantan kepala eksekutif Network Rail, Mark Carne mengatakan pihaknya telah mendapat persetujuan pemerintah untuk menghentikan pembuangan limbah toilet ke jalur kereta api tahun 2019.

Leave a Reply