Mi-8, Inilah Jenis Helikopter Angkut yang Dibakar KKB di Papua

0
Helikopter milik PT. Ersa Air yang dibakar oleh KKB di Bandara Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Minggu (11/4/2021)(Dok Humas Polres Puncak)

Setelah melakukan pembakaran pada pesawat Quest Kodiak milik Mission Aviation Fellowship (MAF) di Bandara Pagamba, Distrik Mbiandoga, Kabupaten Intan Jaya pada 6 Januari 2021. kembali, Kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua berulah dengan melakukan pembakaran pada wahana udara, persisnya pada Minggu, 11 April 2021, sebuah helikopter angkut milik PT Ersa Air dibakar di Bandara Ilaga, Kabupaten Puncak.

Baca juga: Bukan Twin Otter, Pesawat yang Dibakar KKB di Intan Jaya ialah Quest Kodiak

Dikutip dari tribunnews.com (12/4/2021), “helikopter memang dalam kondisi tidak bisa terbang,” ujar Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri. Menurut Fakhiri, pembakaran tersebut sempat diwarnai dengan aksi penembakan. Tetapi, ia menilai ulah KKB tersebut lebih karena mereka berusaha menganggu aktivitas penerbangan di sejumlah wilayah pegunungan. “Mereka mau mengganggu aktivitas penerbangan. Tentu dititik rawan kami sudah instruksikan untuk memperhatikan betul bandara karena di beberapa titik ini aktivitas hanya bisa lewat udara, seperti Ilaga, Beoga dan Intan Jaya,” tutur Fakhiri.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, tapi bagian depan helikopter mengalami kerusakan akibat dibakar. Helikopter tersebut parkir di kawasan Bandara Ilaga lantaran mengalami kerusakan mesin sejak 31 Maret 2021.

Helikopter itu tengah mengalami kerusakan dan sedang menunggu spare part untuk perbaikan. Karena itulah heli tersebut terparkir di lokasi kejadian dan belum bisa kembali ke Timika. Berdasarkan foto yang beredar di media sosial, helikopter yang dibakar KKB berwarna putih. Helikopter itu tampak bolong di bagian depan hingga menembus ke dalamnya.

Mi-8 yang disewa BNPB (Foto: Antara/Feny Selly)

Dari penampaan, helikopter yang dimaksud identik dengan Mil Mi-8, helikopter angkut berat buatan Rusian Helicopters. Ada banyak varian Mi-8 yang telah diluncurkan, namun pada umumnya, helikopter ini digunakan untuk menjalankan peran sebagai helikopter transport penumpang, transport pasukan, transport vip, pengintaian, perang elektronik, serangan, pengintai artileri dan pos komando udara.

Baca juga: Percaya atau Tidak, Rusia Pernah Membuat Helikopter Berkapasitas 196 Penumpang

Helikopter ini punya kapasitas angkut (payload) sampai 4 ton, dan dilengkapi ramp door untuk membawa kendaraan taktis ringan. Helikopter jenis Mi-8 juga disewa oleh BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) untuk operasi pemadaman kebakaran hutan.

Leave a Reply