Milwaukee Road No.261, Lokomotif Jadul Ini Akan Kembali Sambangi North Dakota

0
Ilustrasi lokomotif. Sumber: Flickr

Sebuah lokomotif uap jadul akan kembali unjuk gigi dengan melintasi wilayah North Dakota dalam waktu dekat ini. Sebagaimana KabarPenumpang.com mewartakan dari billingsgazette.com, Rabu (31/5/2017), kereta ini nantinya akan difungsikan sebagai kereta wisata dan memberikan kesempatan yang amat berharga pada orang banyak untuk dapat menyaksikan kembali sebuah moda transportasi darat yang pernah beroperasi kurang lebih 70 tahun yang lalu.

Baca Juga: NIS 107, Jejak Lokomotif Tertua di Indonesia Yang Terlupakan

Kedatangan kereta Milwaukee Road No. 261 yang terkenal itu ke Fargo / Davenport, Lisbon, Wahpeton dan Kindred bukan tanpa alasan, melainkan turut meramaikan perayaan ulang tahun ke 30 dari kereta api regional yang beroperasi di wilayah North Dakota, Red River Valley & Western. Para warga dapat melihat penampakan langsung dari lokomotif ini sepanjang tanggal 1 hingga 3 Juni pada sore hari. Perjalanan wisata yang direncanakan awalnya akan memakan waktu kurang lebih tiga jam per harinya.

Relawan operator lokomotif tersebut, Steven Sandberg mengatakan lokomotif Milwaukee Road No. 261 memiliki mesin yang amat berat, kurang lebih sekitar 1 juta pon. Berat tersebut hampir menyaingi berat mesin sebuah pesawat Boeing 747. Sebuah pemandangan unik langsung terlintas mana kala para generasi tua seakan bernostalgia dengan lokomotif dua silinder yang pertama kali dirancang pada Juli 1944 itu. Namun berbeda dengan generasi muda yang bahkan belum lahir pada masa itu, akan lebih memandang kagum lokomotif berwarna dasar hitam tersebut. Mungkin saja ini merupakan pengalaman pertama generasi muda dalam melihat sebuah mesin uap dengan ukuran super besar.

Walaupun lokomotif ini sudah bisa dibilang tidak muda lagi, namun untuk masalah kecepatan, hasil produksi American Locomotive Company ini dapat melaju berkisar antara 80km/jam, dengan kecepatan maksimum hingga 160km/jam. Tapi, kedatangan si lokomotif tua ini ke North Dakota ini bukanlah ajang untuk memamerkan tenaganya, maka dari itu, Steven mengatakan kereta tidak akan melaju melebihi 80km/jam. “Kami akan melakukan perjalanan santai pada sore hingga malam hari,” katanya.

Baca Juga: Lokomotif Uap Teranyar Inggris Tembus Kecepatan 161 Km Per Jam

Sedikit bocoran, Steven juga mengatakan trek yang akan dilalui oleh Lokomotif Milwaukee Road No. 261 ini terpelihara dengan baik. “Trek tersebut awalnya dirancang untuk mengangkut produk pertanian,” terang Steven. Lebih lanjut, Ia mengatakan amat bahagia karena dapat mengajak Milwaukee Road No. 261 kembali berjalan-jalan setelah sekian lama menghabiskan waktu ditempat penyimpanan. “Sempat beberapa kali mesin dan kerangka No. 261 di pamerkan ke perhelatan khusus, namun untuk perjalnaan kali, saya merasa amat gembira karena bisa meregangkan kaki sedikit dan berjalan-jalan ke North Dakota,” tuturnya kegirangan.

Terakhir kali, Lokomotif Milwaukee Road No. 261 menampakkan dirinya di North Dakota pada tahun 1998 silam dalam pagelaran untuk memperingati hari jadi dari Red River Valley & Western (RRV & W). Dalam acara tersebut, Lokomotif Milwaukee No. 261 membawa penumpangnya dari Twin Cities menuju ke North Dakota, lalu kembali lagi.

Baca Juga: Oriental Desert Express, Sensasi Kereta Mewah Pelintas Padang Pasir

Pada tanggal 1 dan 2 Juni mendatang, mesin tersebut akan bertolak dari Fargo / Davenport pada pukul 6 sore untuk melakukan perjalanan menuju Lisbon dan kembali, membawa para penumpang melintasi Lembah Sungai Sheyenne National Scenic Byway. Kemudian pada hari Sabtu, tanggal 3 Juni, lokomotif jadul tersebut akan bertolak menuju Wahpeton dari Kindred lalu kembali lagi. Jalur tersebut merupakan satu-satunya rute Great Northern yang dioperasikan oleh RRV & W.

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi dari lokomotif tua ini, Anda bisa mengunjungi laman resmi dari Lokomotif Milwaukee Road No. 261 untuk melihat ketersediaan tiket. Jika beruntung, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk menaikinya, namun jika keberuntungan belum berpihak, maka Anda mesti menunggu pagelaran selanjutnya yang turut membawa si lokomotif jadul ini.

Leave a Reply