Mirip Prokes di Indonesia, Italia Mulai Buka Layanan Kereta Cepat ‘Bebas Covid-19’

0
Sumber: Communities Digital News

Seolah mengikuti jejak Indonesia, Italia belum lama ini memutuskan untuk membuka layanan kereta api antar kotanya. Persisnya, Trenitalia, operator kereta api di Negeri Pizza, telah memulai layanan kereta berkecepatan tinggi Frecciarossa ‘bebas Covid-19’ untuk pertama kalinya dengan rute antara Roma dan Milan. Dimulai pada 16 April 2021, layanan kereta ini masih berstatus uji coba dan beropersi dua kali setiap hari.

Baca juga: Mercitalia Fast, Kereta Kargo Berkecepatan Tinggi Asal Negeri Pizza

Dikutip dari schengenvisainfo.com (24/4/2021), disebutkan bila layanan kereta bebas Covid-19 ini terbukti berhasil, maka perusahan berencana untuk untuk memperluas layanan ke rute lain di Italia. Seperti halnya di Indonesia, untuk menikmati layanan kereta cepat bebas Covid-19 ini diperlukan prosedur kesehatan (prokes) yang ketat, maklum Pemerintah Italia masih trauma akibat angka kematian Covid-19 yang tinggi pada tahun 2020.

Agar bisa naik kereta bebas Covid-19, maka penumpang harus tiba di stasiun 45 menit sebelum keberangkatan. Selain itu, semua orang harus memberikan hasil tes PCR negatif atau usap antigen di hidung, tidak lebih dari 48 jam. Sementara, anak-anak di bawah usia enam tahun dibebaskan dari persyaratan tersebut kecuali orang tua bersikeras agar anak mereka menjalani tes. Jika calon penumpang tidak dapat menunjukkan tes yang disebutkan, mereka bisa mendapatkan tes usap hidung sebelum naik kereta di tenda yang telah didirikan oleh Palang Merah Italia di stasiun Roma Termini dan Milano Centrale.

Mirip dengan yang diberlakukan PT KAI, agar memenuhi syarat untuk pengujian di stasiun, sebelumnya penumpang harus memiliki tiket kereta, dokumen identifikasi, dan kartu sehat. Namun, jika hasilnya positif saat berada di lokasi (stasiun), mereka akan mendapatkan pengembalian uang penuh untuk tiket kereta. Penumpang juga dapat memilih antara menerima voucher yang tersedia selama 12 bulan atau sejumlah uang.

Baca juga: Didera Masalah Politik, Jalur Kereta Cepat Perancis-Italia Terancam Batal

Kereta bebas Covid-19 menyediakan jarak antar kursi, dan hanya memungkinkan 50 persen kursi untuk ditempati. Penjualan tiket kereta bebas Covid-19 telah dimulai sejak 11 April 2021. Tiket untuk kereta telah dijual sejak 11 April. Kereta Frecciarossa ‘bebas COVID’ berangkat setiap hari pada jam 8.50 pagi dari Termini ke Milano Centrale tanpa berhenti, dan satu lagi berangkat dari Milano ke Termini pada jam 6 sore.

Leave a Reply