Modifikasi JPO TB Simatupang, PT MRT Jakarta Rekayasa Lalu Lintas Pada 28-29 Oktober!

Ilustrasi JPO. Sumber: Kompas

Sebagai bagian dari pekerjaan pembangunan fase I, PT MRT Jakarta akan melakukan modifikasi Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang berada Jalan TB Simatupang. Lokasinya tepat berada di depan gerai BMW/Astra, dimana JPO ini akan melintas di atas jalan tol Lingkar Luar Jakarta km 22+000. Modifikasi ini dilakukan karena adanya perbedaan lebar jalur ketika MRT Jakarta rampung kelak.

Baca Juga: Tiga Gedung ini Akan Terkoneksi Langsung Dengan Stasiun MRT Jakarta

Dilansir KabarPenumpang.com dari siaran pers, lebar jalan TB Simatupang saat ini adalah 4,3m, sedangkan ketika pembangunan MRT Jakarta rampung, jalan tersebut harus dapat menyediakan lebar 7m (dua lajur). Oleh karena itu, diperlukan modifikasi JPO tersebut agar dapat mengakomodir target lebar per lajur 3,5 meter.

Modifikasi ini sendiri akan dimulai dengan pekerjaan pembongkaran girder JPO di sisi selatan yang akan dilakukan pada Minggu dan Senin, 28-29 Oktober 2018, dimulai pada pukul 22.00WIB hingga 05.00 WIB. Pada saat pengerjaan, Jalan TB Simatupang pada sisi selatan akan ditutup sementara (dimulai dari BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan PO Lorena).

“Selama masa pengerjaan, masyarakat bisa menggunakan persimpangan Jalan RS Fatmawati sampai Jalan TB Simatupang sebagai area penyeberangan,” tutur Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta, Tubagus Hikmatullah.

“Pengguna jalan juga bisa melalui Jalan Lebak Bulus 1 sebagai rute alternatif menuju area Lebak Bulus, Pondok Indah, atau Ciputat,” tandasnya.

Untuk jalan tol JORR sendiri, PT MRT Jakarta akan memberlakukan rekayasa jalur sementara selama masa pengerjaan.

Arah BSD:

22.00WIB – 00.30WIB: Hanya L-1 yang boleh dilintasi.
00.30WIB – 01.00WIB: Contra Flow.
01.00WIB – 02.00WIB: Hanya L-3 yang boleh dilintasi.
02.00WIB – 04.00WIB: Hanya L-2 dan L-3 yang boleh dilintasi.

Arah Kp. Rambutan:
22.00WIB – 01.00WIB: Hanya L-1 dan L-2 yang boleh dilintasi.
01.00WIB – 04.00WIB: Normal.

Baca Juga: MRT Jakarta Dilirik Tangerang Selatan Untuk Buka Jalur

Desain JPO yang baru akan terdiri dari girder PC Concrete (T-Beam) dengan panjang span 24 meter dan berada di atas Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta, dengan tambahan tiga kolom sehingga trase JPO akan berubah menjadi tipe “L” dengan struktur JPO di sisi Jalan TB Simatupang akan terbuat dari baja.

Jika tidak meleset, masyarakat sudah bisa menggunakan ruas jalan ini kembali selepas pukul 05.00 WIB.