MRT Jakarta Pertimbangkan Kehadiran ‘Gerbong’ Khusus Penumpang Wanita

0
Sumber: PT MRTJ

Pelecehan seksual terhadap wanita kerap kali terjadi di angkutan umum seperti kereta, bus dan lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut PT TransJakarta dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) sudah memberikan ruang khusus terhadap penumpang wanita supaya lebih merasa aman dan nyaman selama perjalanan mereka.

Baca juga: Tingkat Pelecehan Seksual di Udara Meningkat, Dua Maskapai India Perkenalkan “Pink Rows”

Untuk Commuter Line sendiri khusus untuk wanita ada di gerbong pertama dan terakhir. Sedangkan TransJakarta berada di bagian depan bus hingga sekat pertama untuk bus model biasa, sedangkan untuk bus gandeng, bagian bus pertama untuk penumpang wanita. Bagaimana dengan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta yang akan mengular di jalanan ibukota pada Maret 2019 mendatang?

Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, pihak PT MRT Jakarta saat ini masih melakukan pertimbangan untuk menghadirkan mobil (gerbong) penumpang khusus untuk wanita dalam layanannya. Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, pihaknya akan mengumpulkan masukan publik terkait kemungkinan penyediaan mobil penumpang khusus wanita.

“Kami masih mendiskusikannya. Kami juga mencari masukan dari masyarakat, ”kata William.

William mengatakan alternatif untuk MRT Jakarta dalam memberikan mobil penumpang khusus wanita akan ada pada jam-jam sibuk seperti pagi hari dan sore hari. Dia mengatakan akan ada kesempatan untuk mobil penumpang khusus wanita adalah 50-50.

“Kami mungkin memberikan layanan selama jam sibuk. Skenarionya adalah kami menyediakan mobil khusus untuk wanita saja,” jelas William.

Diketahui saat ini proyek pengerjaan MRT mencapai 97,5 persen. Untuk fase pertama ini, PT MRT Jakarta dari Lebak Bulus menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI) atau sebaliknya akan dilayani 14 kereta dengan jarak sepanjang 16 km. Sedangkan untuk dua kereta lainnya akan menjadi kereta cadangan dan disimpan di Depo Lebak Bulus.

Baca juga: Jadi Korban Pelecehan Seksual di LRT, Wanita ini Malah Kena Bully Warganet

Tak hanya itu, fase kedua MRT Jakarta dari Bundaran HI menuju ke Stasiun Kampung Bandan di Jakarta Utara akan segera mulai ground breaking dan pembangunannya. Rencananya MRT Jakarta fase dua sendiri akan diteruskan hingga ke Ancol. Diketahui, tarif yang akan dikenakan sekali jalan dari Lebak Bulus menuju Bundaran HI sekitar Rp13 ribu untuk jarak terjauh dan Rp8500 untuk jarak 10 km.

Leave a Reply