MS Roald Amundsen – Kapal Hibrida Asal Norwegia, Siap Berlayar Pada Musim Panas 2019

0
MS Roald Amundsen. Sumber: newatlas.com

Kapal pesiar tradisional menimbulkan semua jenis masalah yang berkaitan dengan kualitas udara untuk kota-kota yang sering mereka datangi, terutama di titik-titik penting seperti Barcelona dan Venesia di mana penduduk setempat secara teratur memprotes partikel beracun yang dihasilkan oleh kapal-kapal tersebut ketika tengah berlabuh atau sekedar lewat saja. Tetapi operator kapal asal Norwegia, Hurtigruten tengah mempersiapkan masa depan perkapalan yang lebih hijau untuk armada yang dikelolanya. Baru-baru ini, mereka memperkenalkan kapal hybrid MS Roald Amundsen yang hanya digerakkan hanya dengan menggunakan daya baterai saja.

Baca Juga: HYBRIDShip Bangun Kapal Ferry Tanpa Emisi

Hurtigruten sendiri telah beroperasi sejak 1893 dan rencananya dalam beberapa tahun ke depan, Hurtigruten akan menyambut beberapa kapal hybrid ini ke dalam armadanya, dengan MS Roald Amundsen sebagai kapal pertama yang masuk ke dalamnya. Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (4/7/2019), nama dari kapal ini sendiri terinspirasi dari nama penjelajah Norwegia yang pertama kali melintasi Antartika dan mencapai Kutub Selatan pada tahun 1911. Mengingat medannya yang tergolong tidak biasa, MS Roald Amundsen dirancang khusus untuk berlayar di perairan kutub yang sangat dingin dan menawarkan beragam fasilitas mewah yang siap untuk memanjakan Anda.

Fasilitas ini termasuk sauna dengan panorama yang menakjubkan, restoran, bar, dek observasi yang luas, kolam renang, kolam rendam air panas outdoor dan balkon pribadi di kabin MS Roald Amundsen. Ada pula ruang di dalam kapal yang cukup untuk menampung hingga 530 penumpang, dan bahkan pusat sains yang didedikasikan khusus untuk pendidikan dan hiburan.

Namun, inti dari perbedaan MS Roald Amundsen dengan kapal lainnya terletak pada daya gedor mesinnya yang tidak menggunakan bahan bakar tradisional seperti diesel atau gas, melainkan baterai. Drivetrain hibrida memungkinkannya untuk bergerak dengan menggunakan energi listrik, yang diharapkan akan mengurangi emisi karbon hingga 20 persen.

“Digadang-gadang sebagai pelopor kapal yang mengusung energi listrik yang ramah lingkungan, menjadi sebuah kehormatan bagi saya untuk bisa mengendarai MS Roald Amundsen untuk pertama kali,” ujar kapten Kai Albrigtsen, yang ‘mengeluarkan’ kapal ini untuk pertama kali dari galangannya untuk berlayar di lepas pantai Norwegia sebelah barat.

Baca Juga: Spesifikasi KMP Port Link, Kapal Ferry Teranyar dan Terbesar

Setelah perjalanan perdana kapal ini yang sukses, MS Roald Amundsen rencananya akan mulai mengangkut penumpang pada musim panas 2019 ini dan melakukan ekspedisi di sepanjang pantai Norwegia, kepulauan Svalbard dan Greenland.

 

Leave a Reply