Mudahkan Identifikasi Penumpang, Bandara Dubai Rencanakan Bangun Smart Tunnel

0
Smart Tunnel

Bandara Dubai di Uni Emirat Arab dikenal luas sebagai salah satu tempat transit dan tersibuk di dunia. Dalam konteksi untuk memudahkan pelayanan kepada pengguna jasa penerbangan, otoritas bandara kini sedang merencanakan untuk mengadopsi solusi baru untuk memudahkan identifikasi penumpang. Solusi ini wajar disebut baru, pasalnya yang digunakan adalah konsep terowongan pintar (smart tunnel) yang bisa mempercepat identifikasi melalui sistem pengenalan biometrik.

Baca juga: Agar Proses Imigrasi Lebih Cepat, Yuk Manfaatkan Autogate di Bandara Soekarno-Hatta

KabarPenumpang.com merangkum dari gulfnews.com (9/10/2017), General Directorate of Residence and Foreigners Affairs di Dubai (GDRFA) memperkenalkan teknologi baru ini pada hari pertama acara Gitex 37 di World Trade Center. Mayor Khalif Al Felasi Assistant General Director of Smart Services di GDRFA mengatakan Smart Tunnel akan menjadi masa depan untuk mengendalikan dan memindai paspor baru di Dubai.

“Ini adalah yang pertama di dunia dan menjadi sistem biometrik yang memungkinkan calon penumpang untuk berjalan melalui terowongan tanpa melakukan apapun. Mereka bahkan tidak lagi perlu menunjukkan paspor. Terowongan dengan teknologi pengenalan wajah yang di sematkan ini bisa menyelesaikan prosedur masuk dalam waktu 15 detik,” ujar Al Felasi.

General Directorate of Residence and Foreigners Affairs melakukan koordinasi dengam maskapai Emirates untuk proyek Smart Tunnel sebagai bagian dari inisiatif akselerator pemerintah. Sistem terowongan pintar ini menggunakan teknologi pengenalan iris pada mata, penumpang harus berdiri di depan terowongan sebelum melalui pengenalan wajah.

Terowongan ini berwarna putih, dengan desain lantai digital berwarna hijau yang berubah warna menjadi merah saat penumpang berjalan menelusurinya hingga prosedur selesai.

“Ini adalah proyek masa depan dan kami memiliki satu terowongan yang dipresentasikan di Gitex. Kemudian kami akan pergi ke bandara untuk memeriksa fitur terowongan dan melihat apa yang dapat kami tambahkan sebelum melaksanakan proyek ini,” kata Al Felasi.

Namun untuk pembuatan terowongan ini di bandara Dubai belum jelas kapan akan dilakukan. Dia hanya mengatakan proyek tersebut akan mencakup mobil listrik Tesla untuk mengangkut penumpang ke bandara dan mendaftarkan berkas mereka selama perjalanan ke bandara.

Baca juga: Pangkas Durasi Security Check, Ini yang Dilakukan Beberapa Bandara dan Maskapai

“Mobil tersebut akan mengumpulkan informasi penumpang, termasuk bobot barang bawaan, dalam perjalanan ke bandara dan akan mengantarkan boarding pass ke mobil itu sendiri. Itu semua dilakukan oleh smartphone, “tambahnya.

Saat penumpang tiba di bandara, barang bawaan otomatis melewati sistem cerdas tanpa perlu membawanya. Penumpang kemudian bisa melanjutkan melalui smart tunnel untuk menyelesaikan prosedur kontrol paspor dalam beberapa detik.

Leave a Reply