Mudahkan Penumpang, DAMRI Kolaborasi dengan Dompet Digital ShopeePay dan DANA

0
Damri Apps (KabarPenumpang.com)

Menuju era digital dan teknologi baru, Djawatan Angkoetan Motor Repoblik Indonesia atau DAMRI mulai melakukan kerja sama dalam cara pembayarannya melalui aplikasi dengan dompet digitalnya. Sehingga dengan kehadiran dompet digital ini memudahkan penumpang yang ingin bepergian dengan bus milik DAMRI.

Baca juga: Tak Lagi Repot ke Loket, Beli Tiket Bus Damri Bisa Pakai Damri Apps

Pada Kamis (18/3/2021) ShopeePay dan Damri mengumumkan kolaborasi kemudahan pembayaran secara digital bagi masyarakat yang ingin membeli tiket DAMRI. Selain itu juga pada 25 Maret 2021, DAMRI juga bekerja dengan DANA. KabarPenumpang.com menghimpun berbagai laman sumber, kolaborasi dengan dua dompet digital ini untuk menunjang layanan aman kepada pelanggan selama masa pandemi dan memperkuat budaya concactless.

Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA mengatakan, melalui kolaborasi ini, masyarakat bisa menggunakan DANA sebagai alat pembayaran baik secara online maupun offline saat bepergian dengan armada Damri.

“Sinergi dengan Damri merupakan bagian dari upaya DANA untuk terus mendorong budaya cashless dan contacless sekaligus memberikan pengalaman bertransaksi digital yang makin mudah, aman dan nyaman,” ujar Vince.

Setia N Milatia Moemin Direktur Utama Damri mengatakan, kolaborasi dengan DANA melengkapi berbagai metode pembayaran nontunai dan nonkartu sekaligus mempermudah masyarakat membeli tiket perjalanan antar kota, menuju bandara dan kawasan pariwisata, baik melalui situs web dan aplikasi Damri maupun secara offline di pool Damri.
“Kerja sama ini memperluas jangkauan ekosistem pembayaran cashless untuk setiap pembelian tiket Damri. Langkah ini menambah pilihan metode pembayaran digital yang dapat diakses calon penumpang,” kata Setia.

Dengan ShopeePay, pelanggan bisa isi kolom di pesan tiket berupa informasi tanggal keberangkatan, rute asal dan tujuan dan jumlah penumpang lalu klik “Cari Tiket”. Setelah keluar pilihan jadwal dan harga tiket Damri, pilih tiket yang ingin dibeli. Kemudian lakukan konfirmasi untuk rute tujuan, jadwal keberangkatan, nomor bus dan jumlah yang harus dibayar.

Klik setuju lalu isi data diri seperti nama, nomor telepon, nomor KTP dan email. Klik konfirmasi dan proses pembayaran. Pilih ShopeePay sebagai metode pembayaran
Anda akan diarahkan ke laman pembayaran ShopeePay di aplikasi Shopee untuk melakukan pembayaran dan masukkan PIN ShopeePay. Transaksi sukses jika Anda mendapatkan notifikasi pembayaran telah berhasil.

Sedangkan dengan DANA cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan scan QRIS di loket DAMRI atau dalam aplikasi DAMRI. Penumpang harus terlebih dahulu memilih tujuan dan jama keberangkatan, dilanjutkan dengan memilih tempat duduk. Tunjukkan ID Card, lalu bayar dengan memindai QRIS menggunakan aplikasi DANA.

Sementara untuk transaksi online, calon penumpang terlebih dahulu harus membuka aplikasi DamriApps di Play di Playstore Android. Selanjutnya, pilih layanan yang diinginkan seperti Bandara, Antar Kota atau Tempat Wisata. Lalu pilih tempat keberangkatan dan destinasi. Dilanjutkan dengan memilih bus, jam keberangkatan dan tempat duduk. Langkah berikutnya adalah mengisi nama.

Baca juga: PT KAI Gandeng Perum Damri, Mudahkan Perjalanan dari Palembang ke Stasiun Gambir

Setelah itu, pilih DANA sebagai metode pembayaran dan lakukan pembayaran melalui DANA Cashier Page. Setelah pembayaran berhasil, pengguna akan mendapatkan e-ticket sesuai destinasi yang dipilih. Pembayaran menggunakan DANA tersedia untuk pembelian tiket lebih dari 100 rute perjalanan, di antaranya Lampung, Malang, Surabaya, Bandung, Bogor, Makassar, Medan, Pontianak, dan seluruh rute yang tersedia di Indonesia.

Leave a Reply