Mudahkan Transportasi di Aceh Singkil, ASDP Operasikan KMP Aceh Hebat 1 dan KMP Aceh Hebat 3

0
KMP Aceh Hebat 1 (kompas.com)

Dalam mendukung konektivitas penyeberangan masyarakat di wilayah Aceh Singkil dan sekitarnya, Pemerintah Aceh menghadirkan KMP Aceh Hebat 1 dan KMP Aceh Hebat 3. Yang mana kapal-kapal ferry RoRo ini akan dioperasikan oleh PT ASDP Indonesia Ferry.

Baca juga: 88 Tahun Lalu, Kapal Perang Belanda “De Zeven Provinciën” Diambil Alih Pemberontak di Lepas Pantai Sumatera

KabarPenumpang.com menghimpun berbagai laman sumber, KMP Aceh Hebat 1 dan 3 hadir untuk menyusul KMP Aceh Hebat 2 yang sudah beroperasi sebelumnya di lintas Ule Lheue-Balohan. Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin mengatakan, pihaknya dipercayakan oleh Pemerintah Aceh untuk mengoperasikan ketiga unit KMP Aceh Hebat tersebut bagi masyarakat Aceh Singkil dan sekitarnya.

KMP Aceh Hebat 3 (Dishub Aceh)

Dia mengatakan, kehadiran dua kapal ferry RoRo KMP Aceh Hebat 1 dan 3 dapat semakin memudahkan aksesibilitas masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dan juga mendukung kelancaran sektor logistik serta menunjang perekonomian daerah. Nantinya dalam pengoperasiannya, KMP Aceh Hebat 1 melayani rute Sinabang – Calang yang mulai pelayaran perdananya pada Selasa (9/3/2021).

Sedangkan KMP Aceh Hebat 3 melayani rute Singkil-Pulau Banyak-Sinabang. Pelayaran perdana ini diresmikan oleh Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan dihadiri juga oleh Direktur Perencanaan dan Pengembangan ASDP Harry MAC, terlihat antusiasme masyarakat cukup tinggi.

Di masa pandemi Covid-19, lebih dari 60 persen kapasitas terisi. Gubernur Nova Iriansyah berpesan agar ASDP sebagai operator kapal bisa merawat dengan baik KMP Aceh Hebat 1, 2 dan 3 yang dioperasikan.

“Kepada penumpang saya berpesan untuk tetap disiplin dan tidak membuang sampah sembarangan. Kapal ini milik kita. Kita harus disiplin terutama dalam hal membuang sampah. Jika tidak, sulit operator merawatnya,” katanya.

KMP Aceh Hebat 1 didesain untuk pelayaran jarak jauh dan tersedia tempat tidur bagi penumpang. KMP Aceh Hebat 1 berukuran 1300 GT dengan panjang 70 meter dan lebar 15 meter, memiliki waktu tempuh 17 jam, dan mampu mengangkut 250 orang penumpang dan 33 kendaraan campuran. KMP Aceh Hebat 1 yang melayani rute Sinabang-Calang, kapal akan berangkat dari Pelabuhan Calang pada Senin dan Rabu, dan berangkat dari Pelabuhan Sinabang pada Selasa dan Kamis.

KMP Aceh Hebat 2 (kumparan.com)

KMP Aceh Hebat 3 memiliki ukuran 600 GT, dan mampu mengangkut 212 orang penumpang dan 21 unit kendaraan campuran. KMP Aceh Hebat 3 melayani rute Pulau Banyak – Sinabang dengan waktu tempuh delapan jam dan rute Singkil- Pulau Banyak dengan waktu tempuh empat jam. Jadwal berangkat rute Singkil – Pulau Banyak setiap minggu pertama dan ketiga pada hari Minggu hingga Jumat, dan setiap minggu kedua dan keempat pada hari Minggu hingga Kamis.

Sedangkan untuk jadwal berangkat rute Pulau Banyak – Sinabang pada minggu ke 2 dan 4, dari Pulau Banyak hari Kamis, dan dari Sinabang hari Jumat. Untuk diketahui, Ketiga kapal ini dibuat di tiga galangan berbeda yakni KMP Aceh Hebat 1 yang berkapasitas 1.300 GT dibuat oleh PT Multi Ocean Shipyard. KMP Aceh Hebat 2 dengan bobot 1.100 GT, dibuat oleh PT Adiluhung Saranasegara di Bangkalan Madura.

Baca juga: KMP Kaldera Toba Lengkapi Transportasi Destinasi Pariwisata Super Prioritas

Sedangkan KMP Aceh Hebat 3 yang berbobot 600 GT dikerjakan oleh PT Citra Bahari Shipyard di Tegal. KMP Aceh Hebat merupakan hasil dari program pengadaan kapal ferry roro di bawah Dinas Perhubungan Aceh dengan anggaran Rp178 milliar.

LEAVE A REPLY