Mulai 21 Juni, Citilink Resmi Buka Penerbangan Jakarta-Phnom Pehn

0

Setelah diumumkan beberapa waktu lalu, maskapai nasional berbiaya murah, Citilink pada Jumat (21/6) resmi membuka penerbangan perdananya dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Internasional Phnom Penh, Kamboja. Penerbangan rute Jakarta – Phnom Penh selanjutnya akan dilayani tiga kali seminggu, yakni pada hari Senin, Rabu dan Jumat dengan menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas sebanyak 180 penumpang.

Baca juga: Di Tengah Lesunya Pasar, Mulai Juni Citilink Buka Penerbangan Langsung ke Phnom Penh

Dalam catatan tertulis, VP Corporate Secretary Citilink Indonesia Resty Kusandarina mengatakan, pembukaan rute penerbangan ini merupakan sejarah dalam hubungan diplomatik Indonesia dan Kamboja selama 60 tahun. “Citilink Indonesia dengan ini merasa bangga dapat turut berperan aktif di dalamnya. Kedepannya diharapkan penerbangan ini dapat memperkuat kerja sama antara kedua negara,” ujar Resty di Cengkareng, Sabtu (22/6/2019).

Resty menambahkan, bahwa penerbangan rute Jakarta – Phnom Penh ini diharapkan dapat menjadi solusi alternatif bagi 3.500 masyarakat Indonesia yang tinggal di Kamboja serta dapat membantu target pemerintah Indonesia untuk mendatangkan 10.000 wisatawan Kamboja menuju Indonesia pada tahun 2019.

Kamboja kini tengah menjadi opsi pilihan favorit para wisatawan mancanegara ketika berwisata ke Asia Tenggara, tercatat sekitar 6,2 juta turis asing berkunjung ke negara tersebut. Sedangkan pada tahun 2018, sebanyak 55.000 masyarakat Indonesia mengunjungi Kamboja dan 8.000 masyarakat Kamboja mengunjungi Indonesia.

Pada penerbangan perdana 21 Juni lalu, pesawat berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta Terminal LCCT (Low Cost Carrier Terminal) pukul 10.55 dengan QG 512 dan tiba di Bandara Internasional Phnom Penh pukul 14.25. Sedangkan penerbangan sebaliknya berangkat dari Bandara Internasional Phnom-Penh pukul 15.30 dengan QG 513 dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta Terminal LCCT pukul 19.00.

Baca juga: Kamboja Punya Kereta Bandara yang Unik, Mirip Railbus Batara Kresna di Solo

Pada penerbangan perdana Citilink Indonesia juga mengadakan program aktivasi di atas pesawat “Barista on Board”, di mana Citilink Indonesia bekerja sama dengan barista-barista andal menyajikan kopi spesial secara gratis khusus untuk seluruh penumpang dan menjadi maskapai pertama yang memiliki program tersebut.

Leave a Reply