Mulai 27 Maret 2022, Maskapai Virgin Australia “Come Back to Bali”

0
Sumber: Istimewa

Bagi Aussie (sebutan untuk warga negara Australia), Bali adalah destinasi wisata favorit, biaya yang murah serta lokasinya yang mudah dijangkau dengan penerbangan jarak pendek, menjadikan Bali akrab dikunjungi oleh semua golongan Aussie sejak tiga dekade silam.

Baca juga: Penerbangan Repatriasi Qantas Pulangkan Ratusan Aussie dari Bali

Sampai November 2020, Badan Pusat Statistik bahkan menempatkan Australia sebagai negara yang paling banyak mengunjungi Bali. Wisman asal Australia yang datang mencapai 222 ribu kunjungan. Negara yang paling banyak berkunjung selanjutnya adalah Cina dan India dengan masing-masing 117 ribu dan 67 ribu kunjungan. Namun, badai Covid-19 telah membuat sektor pariwisata di Bali mati suri dan terpuruk.

Dengan pembatasan yang ketat, nyaris tidak ada wisatawan asing yang tiba di Bali, justru sebaliknya, negara-negara asing melakukan program pemulangan (repatriasi) atas warganya yang ‘terjebak’ di Indonesia, termasuk Bali, lantaran kesulitan mendapatkan penerbangan pulang, sampai harga tiket yang meroket untuk kembali ke kampung halaman.

Ibarat pepatah Badai Pasti Berlalu, rupanya beberapa maskapai asal Australia tengah merencanakan untuk kembali melayani penerbangan dari dan ke Bali. Dikutip dari simpleflying.com (27/9/2021), disebutkan Virgin Australia sedang memantangkan dan koordinasi untuk come back to Bali. Jika dirunut sejak pandemi merebak, sudah 18 bulan Virgin Australia menghentikan penerbangan rute internasionalnya.

Kini semakin besar Australia akan mengizinkan warganya yang divaksinasi untuk mulai bepergian ke negara-negara tertentu. Rencananya Virgin Australia akan memulai penerbangan interasionalnya pada 17 Desember 2021. Tapi itu bukan ke Bali, untuk tahap pertama Australia hanya mengizinkan wisata ke negara-negara terentu, sayangnya Indonesa belum termasuk. Persisnya pada 17 Desember mendatang penerbangan baru akan dibuka ke Nadi di Kepulauan Fiji.

Baca juga: Demi Raih Modal Lawan Corona, Bos Virgin Atlantic dan Virgin Australia Gadaikan Pulau Pribadi

Sementara penerbangan ke Denpasar Bali rencananya baru akan dibuka pada Minggu, 27 Maret 2022, langsung dari tiga kota, Sydney, Melbourne dan Brisbane. Penerbangan dari Sydney ke Denpasar memakan durasi 6 jam 45 menit. Tidak menutup kemungkinan nantinya akan dibuka rute ke Bali dari Perth atau Adelaide.