Mulai Beroperasi 2021, Bang Sue Bakal Menjadi Stasiun Kereta Terbesar di Asia Tenggara

0
Stasiun Besar Bang Sue di THailand (globalconstructionreview.com)

Tahun depan diperkirakan stasiun kereta api terbesar di Asia Tenggara akan selesai di bangun di Thailand. Kehadiran stasiun kereta ini merupakan bagian dari rencana untuk meningkatkan sistem transportasi umum Negeri Gajah Putih tersebut.

Baca juga: Hua Hin, Stasiun Tertua di Thailand dan Punya Bangunan Unik

Stasiun tersebut bernama Stasiun Besar Bang Sue yang kehadirannya dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas yang cukup fatal di Bangkok. Selain itu juga untuk mendukung peran negara sebagai pusat transpotasi regional.

Dilansir KabarPenumpang.com dari globalconstructionreview.com (9/11/2020), Stasiun Besar Bang Sue nantinya akan menggantikan Stasiun Hua Lamphong yang merupakan stasiun utama Bangkok saat ini. Selain melayani kereta antar kota, Stasiun Bang Sue juga akan melayani metro bangkok hingga kereta berkecepatan tinggi.

Kehadiran Stasiun Bang Sue juga merupakan salah satu koneksi cepat ke Bandara Internasional Suvarnabhumi, Don Mueang dan U-Tapao. Menurut Kementerian Luar Negeri Thailand, jalur sepanjang 220 km dari Don Mueang yang berada di pinggiran utara Bangkok dan U-Tapao di provinsi Rayong bisa ditempung dengan waktu kurang dari satu jam.

Stasiun ini konstruksinya dibuat oleh Teknik Sino-Thailand yang mulai mengerjakan struktur stasiun pada tahun 2013 dan sekarang telah selesai. Sedangkan untuk pengerjaan interiornya akan selesai tepat waktu hingga layanan dimulai pada tahun 2021.

Saat selesai, stasiun seluas 520 ha akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara dengan memiliki empat lantai, 12 platform sepanjang panjang 600 meter dan 24 trek. Ini akan memungkinkannya menampung hingga 40 kereta pada saat yang sama, dengan kapasitas penumpang harian 600 ribu atau sepuluh kali lipat dari Hua Lamphong.

Setidaknya 30 persen areanya akan dikhususkan untuk ruang hijau dan bebas polusi karena hanya akan melayani kereta listrik. Stasiun Besar Bang Sue akan menjadi perhentian untuk proyek kereta kecepatan tinggi pertama di Thailand, yang akan beroperasi antara Bangkok ke Nong Khai.

Fase pertama, meliputi 251 km dari Bangkok utara ke Nakhon Ratchasima, sedang dibangun. Rute lain yang menghubungkan Nakhon Ratchasima dengan Nong Khai akan menempuh jarak 356 km. Setelah selesai, proyek ini akan memungkinkan para pelancong dari Bangkok mencapai perbatasan Laos dalam tiga jam, bukan 11 jam seperti saat ini.

Baca juga: Stasiun Da Lat dengan Desain Antik Perancis, Andalan Wisata Kereta Vietnam

Kementerian menambahkan bahwa jalur ini akan diperpanjang untuk menghubungkan dengan jalur rel yang sedang dibangun melalui Laos sebagai bagian dari Belt and Road Initiative China. Tautan berkecepatan tinggi penting lainnya adalah dengan bandara U-Tapao, yang sedang diperluas untuk melayani Koridor Ekonomi Timur Pemerintah Thailand juga berharap dapat mempromosikan Bang Sue sebagai katalisator untuk mengembangkan kawasan pusat bisnis baru di sekitar stasiun.

Leave a Reply