Wednesday, April 17, 2024
HomeBasis AplikasiNaik Ojol di Masa Pandemi? Perhatikan Dulu Tips Berikut ini

Naik Ojol di Masa Pandemi? Perhatikan Dulu Tips Berikut ini

Angkutan umum menjadi salah satu moda transportasi pilihan banyak masyarakat. Namun d masa pandemi Covid-19 saat ini, angkutan umum justru menjadi ‘terbatas’ bagi semua orang.

Baca juga: Sekat Partisi Digunakan Pengemudi Ojol, Efektifkah untuk New Normal?

Meski begitu, masih ada moda transportasi lainnya yakni ojek, khususnya ojek online (ojol). Di mana angkutan roda dua ini diperbolehkan beroperasi. KabarPenumpang.com melansir topgear.com.ph (4/8/2021), untuk membantu penumpang ada beberapa tips keselamatan selama pandemi untuk memudahkan menggunakan jasa ojol dengan aman dan dapat mengurangi efek terpapar virus Covid-19.

1. Bawa helm sendiri
Di masa pandemi Covid-19, penumpang lebih baik membawa helm sendiri. Ini dilakukan agar mengurangi kontak dan menghindari penularan virus Corona lebih lanjut.

2. Gunakan akun pribadi
Banyak pengguna akun ojek online memesan untuk orang lain dan bukan dirinya sendiri seperti teman atau keluarga. Untuk saat ini usahakan memesan untuk diri sendiri. Karena nantinya bila ada sesuatu yang terjadi di masa pandemi ini, pihak ojek bisa melacak dan menghubungi secara langsung

3. Bayar tanpa uang tunai
Di masa ini, cashless atau tanpa tunai menjadi hal yang paling efisien dalam mengurangi penularan virus. Ketika aplikasi ride hailing Anda nemiliki dompet elektronik sendiri, akan lebih memudahkan karena menggunakan satu platform tanpa harus banyak membuka aplikasi lainnya dalam hal pembayaran ongkos. Yang terpenting tak perlu memberikan uang tunai kepada pengemudi.

4. Hujan
Ini mungkin menjadi salah satu risiko penumpang ojek. Hal tersebut dikarenakan, ojek tidak memiliki atap. Sehingga penumpang bisa membawa mantel hujan sendiri dan bisa menggunakannya bila hujan turun.

5. Sanitasi diri
Anda boleh membawa satu set pakaian ekstra sehingga dapat diganti ketika tiba di tujuan.

Baca juga: Tanggapi Respon Pandemi, Pemerintah Jepang Izinkan Operator Taksi Antar Pesanan Makanan

6. Jangan keluar rumah saat menunjukkan gejala Covid-19
Hindari bepergian jika Anda memiliki gejala terinfeksi Covid-19. Lakukan isolasi dan konsultasi. Namun jika Anda tanpa gejala dan masih naik ojek, maka risiko penularan pada pengemudi dan penumpang selanjutnya akan terjadi.






















RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru