NASA Restui Xeric Buat Jam Tangan Special Edition Terbuat dari Meteorit dan Komponen Apollo 15

0
Jam tangan Xeric bertema luar angkasa yang terbuat dari Apollo 15 NASA dan meteorit. Foto: Kickstarter

Sekali lagi, NASA menyetujui pembuatan jam tangan edisi terbatas bertema Apollo 15 oleh Xeric. Perusahaan asal California, Amerika Serikat (AS) ini sebelumnya sukses mendapat restu NASA membuat jam tangan limited edition bertema Apollo 11 dan laris manis di pasaran.

Baca juga: Dear Goweser, Jajal Nih Ban ‘Mati’ Canggih Anti Bocor dan Sekuat Baja Buatan NASA

Meski tak seindah dan fiturnya tak selengkap jam tangan digital, tetapi, jam tangan analog yang dibuat Xeric dengan menggandeng NASA, memang sangat ditunggu berbagai kalangan, dari mulai fasinoista sampai penggila Badan Antarika Nasional AS itu sendiri.

Di tahun 2019 silam, perusahaan tersebut merilis jam tangan spesial memperingati 50 tahun pendaratan Apollo 11 di bulan 1969 sekaligus memperingati 50 tahun perusahaan berdiri dan bergelut di bidang produksi jam tangan berkelas.

Ketika itu, proyek yang juga manggandeng Kickstarter, platform crowdfunding terbesar di dunia, tersebut berhasil laku keras di pasaran dan berhasil menjadi campaign jam tangan paling sukses sepanjang situs sejenis kitabisa.com itu ada.

Penasaran mengulangi sukses di tahun 2019, Xeric belakang hadir merilis jam tangan bertema luar angkasa (NASA) lainnya melalui juga melalui platform Kickstarter, yaitu mengenang penggunaan wahana rover pertama NASA ke bulan pada tahun 1971.

Berbeda dengan jam tangan bertema Apollo 11 NASA, jam tangan Apollo 15 ini ditawarkan dengan dua versi putaran jam. Satu jam tangan disebut sebagai American Moonphase Model yang dilengkapi dengan baterai.

Sedangkan versi satunya American Automatic Model yang menggunakan baterai, didukung oleh apa yang disebut self-winding mechanism yang memungkinkan jam tangan tetap berputar hingga 40 jam setelah jam tangan dilepas saat tidur di malam hari.

Baik American Moonphase Model maupun American Automatic Model, keduanya mengusung Super-LumiNova Planetary sebagai penunjuk jam dan menit serta bintang sebagai detik.

Sementara itu, dilihat dari jeninsnya, cukup banyak sekali. Ada yang berupa materi gelap di langit, ban rover yang dibawa Apollo 15, ribbed space glove straps, emblem misi Apollo 15, space window hour grille untuk wanita dan laki-laki, lunar module, lunar rover, quasar, interstellar, helix nebula, deep space purple, cosmic nebula, black hole, blue supernova, brown cosmos, red dwarf, blue moon, meteorite, black hole meteorite, sampai moon dust meteorite.

Semua itu jenis atau desain itu tersedia dalam dua versi atau model; American Automatic Model dan American Moonphase Model.

Kemudian, dari semua jenis di atas, bagian casing belakangnya tersedia dalam dua model; satu berwarna silver atau mirip-mirip warna bulan dan lainnya berwarna emas kemerah-merahan. Keduanya memiliki tema yang sama, yaitu bertuliskan 50 Tahun Apollo 15 dan gambar lunar rover, dan terbuat dari komponen Apollo 15.

Jam tangan Xeric edisi terbatas bertema luar angkasa juga terbuat dari meteorite yang dibawa pulang rover dan wahana Apollo 15 ke bumi. Tetapi, tidak semua model mengandung meteorit melainkan hanya tiga saja; blue moon, meteorite, black hole meteorite, sampai moon dust meteorite.

Baca juga: Pilah Pilih Jam Tangan Pilot, Pertimbangkan Hal ini Sebelum Membeli

Melengkapi berbagai keistimewaan di atas, kaca jam tangan ini disebut anti pantulan cahaya dan di malam hari temanya sangat erat dengan nuansa luar angkasa.

Bagi yang berminat, jam tangan Xeric bertema Apollo 15 NASA ini masih indent sampai sekitar pertengahan 2022. Sedangkan harganya rata-rata dibanderol paling mahal mencapai Rp13 juta lebih atau US$950.