Pilah Pilih Jam Tangan Pilot, Pertimbangkan Hal ini Sebelum Membeli

0

Apa yang dicari ketika Anda mendambakan sebuah jam tangan? Tentu setiap orang punya perspektif tersendiri. Bagi kaum adam yang macho, sosok jam tangan pilot adalah salah satu yang dicari. Dengan kelengkapan fitur, kualitas tahana banting dan berstandar ‘army,’ menjadikan jam tangan khas pilot punya peminat tersendiri.

Baca juga: 10 Barang Bawaan Penting Bagi Pilot, Nomor 7 Tak Dibawa, Gagal Terbang!

Nah, bagaimana cara menentukan jam tangan pilot yang ideal untuk Anda. Berikut KabarPenumpang.com melansir dari gearpatrol.com (9/6/2020), ternyata ada beberapa pertanyaan yang sebaiknya dicermati sebelum membeli jam tangan pilot ini.

1. Apakah Anda benar-benar menerbangkan pesawat?
Bila jawabannya iya, maka seharusnya Anda tahu bahwa seorang pilot sebenarnya tidak memerlukan jam atau arloji. Memang di masa lalu jam tangan adalah alat yang penting bagi para pilot, tetapi setelah munculnya instrumen digital dan komputasi, penggunaan jam tangan pun perlahan menghilang. Namun, itu tidak berarti Anda tidak bisa menggunakannya, sebab ini bisa meningkatkan apresiasi Anda terhadap jam tangan dan kecanggihan pesawat modern. Tapi jika Anda bukan seorang pilot dan hanya penggemar penerbangan serta ingin menggunakan jam tangan pilot rasanya tak masalah.

2. Fitur dan fungsi apa yang dicari?
Sebenarnya ini pertanyaan untuk kebutuhan pribadi dengan jam tangan pilot. Beberapa fitur yang umum dikaitkan dengan jam tangan pilot dapat bermanfaat dan diinginkan untuk pemakaian biasa. Misalnya, bezel aturan slide dapat digunakan untuk membuat berbagai perhitungan praktis, dan kronograf dapat digunakan untuk mengatur waktu semua jenis kegiatan. Komplikasi GMT dan bezel 24 jam adalah komplikasi praktis juga awalnya ditujukan untuk pilot komersial, ini sangat berguna untuk pelancong modern atau mereka yang memiliki kontak di zona waktu lainnya. Masing-masing fitur ini berguna dan layak dipertimbangkan dalam jam tangan pilot ini hanyalah bonus karena mereka memiliki sejarah keren dan cenderung menambah tampilan yang menarik.

3. Apakah gerakan mekanis itu penting?
Pertanyaan ini berlaku untuk semua jenis jam tangan. Gerakan mekanis lebih mahal dan kurang akurat daripada bagian kuarsa mereka, tetapi mereka menambahkan rasa “kekhasan” pada jam tangan, dan ini mungkin lebih penting bagi pembeli yang tertarik pada jam tangan pilot khusus untuk sejarah dan tradisi mereka. Berhati-hatilah karena banyak jam tangan pilot adalah kronograf, dan itu bisa berarti harga yang jauh lebih tinggi ketika mekanis. Jam tangan Quartz dapat menawarkan opsi yang murah dalam gaya arloji pilot klasik, tetapi mereka juga dapat menggabungkan semua jenis fitur dan teknologi digital yang mungkin berguna untuk pilot hari ini. Ada yang menggunakan sinyal GPS dan radio untuk secara otomatis menyesuaikan dengan perubahan zona waktu, dan beberapa dirancang khusus untuk merekam waktu penerbangan dan data penting lainnya.

Baca juga: Rindu Terbang, Para Pilot Berharap Agar Orang-orang Kembali Beli Tiket Pesawat

4. Jam tangan pilot seperti apa yang Anda inginkan?
Jam tangan pilot mewakili suatu genre dengan variasi jenis, model dan lainnya. Tetapi jika memiliki gambaran tertentu dalam benak Anda seperti apa jam tangan pilot akan terlihat, itu awal yang baik. Mengetahui berbagai jenis jam tangan pilot yang tersedia akan membantu Anda menjelajahi pilihan Anda dengan lebih baik, karena ada banyak interpretasi dari masing-masing merek yang berbeda. Ada yang sederhana dan klasik seperti W10 dan flieger atau serumit kronograf flyback. Lalu, ada yang tidak sentimental yang terasa teknis dan serius seperti pesawat tempur modern atau pesawat komersial. Anda bahkan dapat menemukan jam tangan yang merangkul fakta bahwa pilot tidak memerlukan jam tangan ini, dan alih-alih mendekati penerbangan sebagai tema desain – beberapa mungkin memiliki jarum detik berbentuk pesawat, rotor berbentuk turbin, atau memasukkan bahan dari sejarah Pesawat dalam konstruksi mereka.

Leave a Reply