NEC Hadirkan “Waiting Time Forecast System” di Bandara Haneda

0
Gerbang elektronik Bandara Jepang (Nikkei Aisan Riview)

Pemeriksaan pada keamanan bandara biasanya cukup mengantri, apalagi ketika bepergian keluar negeri. Penumpang pasti akan melintas alat deteksi dan tas akan masuk dalam mesin pemindai. Biasanya yang membuat lama itu karena penumpang membawa sesuatu yang berbahaya dan isi tas yang tidak sesuai keamanan sehingga harus ada pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: Manchester, Bandara dengan Waktu Pemeriksaan Keamanan Paling Lama di Inggris

Untuk menghindari antrian yang cukup panjang dalam pemeriksaan keamanan, NEC menyediakan Waiting Time Forecast System di Bandara Internasional Haneda, Tokyo. Penyediaan Waiting Time Forecast System sendiri untuk menganalisis dan memvisualisasikan status antrian dalam inspeksi keamanan bandara di Terminal penumpang Bandara Haneda.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman benzinga.com (12/12/2019), sistem ini ternyata sudah mulai beroperasi sejak Oktober 2019 kemarin dan menyediakan perkiraan waktu tunggu yang sepenuhnya otomatis. Sistem ini juga menggabungkan teknologi analisis perilaku kerumunan di mana mendeteksi kemacetan dalam video dan portofolio melalui teknologi AI terdepan NEC serta sensor stereo visual 3D yang mampu menangkap pergerakan orang pada layar.

Teknologi ini sendiri mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang jumlah penumpang serta memvisualisasikan status kemacetan secara real time untuk memperkirakan waktu tunggu. Sehingga kehadiran sistem ini diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan bagi penumpang yang berangkat dan untuk meningkatkan kinerja operasi pesawat.

Bahkan di masa depan, NEC bertujuan untuk meningkatkan keakuratan prakiraan yang dimungkinkan oleh AI dan memperluas kemampuan mereka seperti memperkirakan waktu beberapa jam sebelumnya.

“Selain sistem bandara, NEC akan terus mengembangkan solusi dan layanan berbasis TIK canggih, termasuk teknologi analisis video, untuk pengenalan ke stadion, taman hiburan, dan fasilitas terkemuka lainnya.NEC memposisikan bisnis keselamatannya sebagai mesin untuk pertumbuhan global, dan akan terus mempromosikan inisiatif NEC Safer Cities (3) untuk membangun kota pintar berdasarkan teknologi eksklusif yang mendukung keselamatan, keamanan dan berkontribusi pada penciptaan masyarakat yang makmur,” kata Kazuo Watanabe, General Manager, Smart Infrastructure Division, NEC Corporation.

Baca juga: Ikuti Tahapan Ini, Proses Check In dan Pemeriksaan Keamanan di Bandara Bakal Mulus

Diketahui, NEC Corporation adalah pemimpin dalam integrasi TI dan teknologi jaringan yang menguntungkan bisnis dan orang-orang di seluruh dunia. Grup NEC secara global menyediakan “Solusi untuk Masyarakat” yang mempromosikan keselamatan, efisiensi keamanan, dan keadilan masyarakat. Di bawah pesan perusahaan perusahaan, “Menata dunia yang lebih cerah,” NEC bertujuan untuk membantu memecahkan berbagai masalah yang menantang dan untuk menciptakan nilai sosial baru untuk dunia yang berubah di masa depan.

Leave a Reply