NTSB Rekomendasikan Latihan Khusus Pilot Sebelum Menerbangkan Boeing 737 MAX

0
Boeing 737 MAX 8 Milik Lion Air. Sumber: Tribun

Pasca rencana kehadiran regulator Federal Aviation Administration (FAA) ke Seattle guna meninjau langsung upgrade sistem navigasi pada varian pesawat terlaris sekaligus paling kontroversial milik Boeing, 737 MAX, kini hadir ‘pemain baru’ dalam polemik salah satu manufaktur pesawat terbesar di dunia ini. Adalah National Transportation Safety Board (NTSB) alias Badan Keselamatan Transportasi AS yang turut ‘menyerang’ Boeing dengan rekomendasi yang dikeluarkannya. Tidak hanya rekomendasi, NTSB juga menganggap Boeing terlalu menyama-ratakan kemampuan pilot dalam urusan menerbangkan pesawat.

Baca Juga: Ketua FAA: “Jika Ingin Sertifikasi Turun, Saya Harus Terbangkan 737 MAX”

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman cnbc.com (26/9), adapun rekomendasi yang dirilis oleh NTSB ini berkaitan dengan keselamatan penerbangan kelak, dimana mereka menghimbau untuk menghadirkan pelatihan khusus kepada para pilot sebelum mereka (pilot) ditugaskan utnuk menerbangkan varian 737 MAX ini kelak. Ya, pihak NTSB mengkhawatirkan kejadian seperti yang dialami oleh Lion Air JT610 dan Ethiopian Airlines ET302 terulang kembali di masa yang akan datang.

“Kami melihat dua kecelakaan ini sama-sama karena awak penerbang tidak bisa bereaksi menangaapi error yang terjadi di dalam pesawat dan seperti apa yang sudah direkomendasikan oleh Boeing dan FAA sebelumnya,” ujar ketua NTSB, Robert Sumwalt.

“Kendati kabarnya sudah di upgrade, namun nantinya pilot akan tetap dihadapkan dengan beberapa sistem alarm peringatan yang sama dengan sebelumnya,” sambungnya.

Menanggapi rekomendasi yang dilontarkan oleh NTSB ini, pihak Boeing mengatakan bahwa mereka hanya akan memfokuskan pada keselamatan penerbangan dan telah berupaya keras agar kejadian serupa tidak terulang.

“Keselamatan adalah nilai inti bagi semua orang di Boeing dan keselamatan pesawat kami, penumpang dan kru pelanggan kami selalu menjadi prioritas utama kami,” ujar Boeing dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Uji Sertifikasi 737 MAX Jatuh Pada September Ini, FAA dan Boeing Masih Rahasiakan Tanggal, Ada Apa?

“Kami menghargai peran NTSB dalam mempromosikan keselamatan penerbangan. Kami berkomitmen untuk bekerja dengan FAA dalam meninjau rekomendasi NTSB,” sambungnya.

Lain halnya dengan pihak FAA yang mengatakan, “Kami akan berhati-hati dalam meninjau rekomendasi dari NTSB dan rekomendasi lain yang kami terima agar Boeing 737 MAX ini bisa mengudara kembali,”

Leave a Reply