Pabrik Toyota di Tokyo Ubah Hiace Jadi Ambulans

0
Toyota Hiace diubah jadi ambulans (motor1.com)

Di Jepang, saat ini ada 14.305 kasus virus Corona atau Covid-19 yang dikonfirmasi dengan angka kematian sebanyak 455 kasus. Tokyo menjadi kota terbanyak dengan kasus ini di susul Osaka dan Kanagawa. Hal ini kemudian membuat Toyota Motor Corporation ambil bagian dan mengulurkan tangan dalam masa krisis karena pandemi ini.

Baca juga: 20 Unit Bus SMRT Singapura Dikonversi Jadi Ambulans

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman motor1.com (30/4/2020), awal Mei 2020 produsen mobil ini mengumumkan untuk memproduksi pelindung wajah bagi para medis di Jepang. Mereka memproduksi sebanyak 40 ribu unit per bulannya. Tak hanya itu, Toyota juga ternyata membantu dalam pengangkutan pasien kasus Covid-19.

Dimana produsen mobil tersebut menyediakan sebanyak sebelas kendaraan untuk pasien dengan kasus ringan sejak 10 April 2020 kemarin meliputi Tokyo tepatnya di Prefektur Chiba dan Miyagi. Bahkan tak tanggung-tanggung, Toyota juga menambahkan fasilitas baru untuk bantuan Covid-19 ini dengan Toyota Hiace diubah menjadi sebuah ambulans untuk mengangkut pasien dengan kasus parah.

Toyota mengatakan, ini merupakan jenis pertama yang dirancang untuk mengangkut pasien Covid-19 dengan kondisi parah. Transportasi berbasis Hiace sendiri dikembangkan menjadi kendaraan pengendalian sirkulasi bertekanan udara rendah yang memiliki kompartemen interior untuk memisahkan kabin depan dari area holding belakang. Hal ini untuk mencegah udara yang terkontaminasi di holding belakang menembus kabin depan.

Kendaraan baru dari Toyota ini disumbangkan ke Rumah Sakit Universitas Showa, Tokyo dan bergabung dengan armada awal bantuan transportasi pembuat mobil. Marque bermaksud untuk terus mengembangkan kendaraan ini sebagai tanggapan atas permintaan dari fasilitas medis dan pemerintah daerah di semua bagian dari proyek Kokori Hakobu Toyota.

Baca juga: Tak Ada Lockdown di Swedia, Warga Stockholm Justru Terlihat Santuy

Kehadiran Toyota Hiace menambah deretan moda transportasi yang dikonversi atau dimodifikasi untuk pasien Covid-19. Sebelumnya India mengubah gerbong kereta jarak jauh menjadi bangsal rumah sakit. Selain itu sebuah kapal penumpang di Swedia juga dikonversi menjadi rumah sakit dan bisa menampung sebanyak 520 pasien Covid-19.

Bahkan baru-baru ini sebanyak 20 bus SMRT di Singapura di ubah menjadi ambulans dan dalam kabinya dibagi dua untuk penumpang dan pengemudi serta pendingin udara didalamnya pun terpisah.

Leave a Reply