Pasca Insiden Boeing 737 MAX 8, Akankah Pilot ‘Kembali’ Menyandarkan Kepercayaan Pada Pesawat Tersebut?

Boeing 737 Max 8 (Lion Air group)

Buntut dari dua kecelakaan Boeing 737 MAX 8 yang menewaskan keseluruhan penumpang dari maskapai Ethiopian Airlines dan Lion Air semakin memanjang. Setelah pada kesempatan terakhir Boeing melalui CEO Dennis Muilenburg mengakui secara langsung adanya kesalahan pada sistem pengoperasian pesawat, kini Boeing harus kembali mendengar kabar buruk dari para pilot yang menerbangkan armada mereka.

Baca Juga: Akhirnya! Boeing Akui Adanya Kesalahan Sistem pada Boeing 737 MAX 8

Kendati pihak Boeing sebelumnya telah meng-upgrade sistem Maneuvering Characteristics Augmentation System (MCAS) yang disinyalir sebagai biang kerok dari kecelakaan yang terjadi dalam rentang waktu lima bulan ini, namun itu tidak dapat dijadikan patokan bahwa para maskapai akan kembali menerbangkan keluarga 737. Ya, nama keluarga Boeing 737 sudah tercoreng oleh sejarah pekat yang melekat.

Sebagaimana yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman cnn.com (26/3/2019), kecelakaan maut tersebut juga telah mengikis kepercayaan dari para pilot untuk kembali menunggangi 737 MAX. Akankah para pilot mempercayai bahwa Boeing telah melakukan perbaikan terhadap sistem MCAS? Nampaknya tidak semudah itu untuk kembali menaruh kepercayaan penuh terhadap sesuatu yang sebelumnya telah terbukti mematikan.

Jika Anda merupakan seorang pilot yang safety-oriented, tentu Anda akan memerlukan sejumlah bukti otentik yang menyatakan bahwa pihak Boeing telah berhasil mereparasi poin kesalahannya. Adapun salah satu bentuk yang dapat disuguhkan pihak Boeing kepada para pilot terkait reparasi sistem ini adalah dokumentasi sahih melalui uji penerbangan atau simulator yang dilengkapi dengan daftar periksa yang jelas dan rinci. Kelengkapan ini dimaksudkan agar pilot dapat mengaplikasikannya ketika keadaan darurat.

Selain itu, pertanyaan lain yang diperkirakan akan muncul adalah, “Apalagi yang tidak diungkapkan Boeing terhadap para pilot?”

Baca Juga: Grounded Boeing 737 MAX 8 Ikut Hantam Bisnis Agen Perjalanan Ini

Sudut pandang seorang pilot seperti ini yang juga harus dijadikan fokus oleh Boeing, karena para pilotlah yang secara langsung merasakan kurang dan lebihnya fitur yang disediakan oleh Boeing pada setiap armada rakitannya. Dan jika Boeing menemukan kesalahan lain – entah berhubungan atau tidak dengan MCAS, mereka juga harus dengan tepat memperbaikinya.

Jadi, jika Anda seorang pilot, apakah Anda akan kembali menerbangkan keluarga dari Boeing 737 MAX?