Pastikan Social Distancing, Robot Anjing Tanpa Kepala Berkeliaran di Singapura

0
Robot anjing tanpa kepala (travelandleisure.com)

Sebagai bagian dari upaya untuk mendorong gerakan social distancing di tengah wabah Covid-19, seekor anjing robot tanpa kepala telah berkeliaran di sekitar Taman Bishan-Ang Mo Kio di Singapura. Anjing ini mungkin tidak ingin Anda pelihara.

Baca juga: Sofitel Sydney Darling Harbour Gunakan Robot untuk Bantu Pekerjaan Hotel

Robot anjing ini dapat mendeteksi berapa banyak orang disekitarnya. Berwarna kuning cerah, robot anjing tanpa kepala ini dikembangkan oleh Boston Dynamics. Ketika robot berkeliaran di taman, dia sesekali membuat pengumuman untuk mengingatkan orang-orang agar menjaga harak satu sama lain.

KabarPenumpang.com melansir dari laman travelandleisure.com (14/5/2020), dalam sebuah video, robot anjing ini berjalan di jalan setapak Taman Bishan-Ang Mo Kio. Kehadiran robot anjing ini berdasarkan uji coba oleh Dewan Taman Nasional dan Bangsa Cerdas serta Kelompok Pemerintah Digital di Singapura.

Uji coba dilakukan untuk melihat apakah membuat perbedaan yang terukur dalam membantu mengendalikan penyebaran penyakit. Masa percobaannya dimulai pada 8 Mei 2020 kemarin dan akan berlanjut selama dua minggu di taman.

Robot anjing ini akan terlihat berkeliaran di area River Plains Park selama jam-jam sibuk. Tidak sendiri, robot anjing akan dipantai oleh seorang petugas. Meski robot anjing tidak bisa dimanja seperti anjing sebenarnya, robot yang dinamai Spot mampu berkeliaran di daerah dimana roda sebagian besar tidak efektif seperti di jalan atau rumput yang kasar.

Uniknya lagi, robot anjing juga dilengkapi dengan moda penglihatan 360 derajat dan dapat menghindari semua rintangan saat didorong dari jarak jauh atau otomatis untuk tetap berada di jalur tertentu.

Baca juga: Enam Jenis Robot Beroperasi di Stasiun Gateway Takanawa

Robot anjing tersebut bahkan dapat merasakan berapa banyak orang di sekitarnya, sehingga dapat membuat pengumuman dengan suara yang direkam terkait jarak aman antar orang satu dengan yang lainnya. Walaupun melihat robot anjing tanpa kepala itu aneh dan bahkan sedikit mengerikan, tentu saja dia melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam membuat orang menjaga jarak tertentu dari pada anjing lucu dan berbulu.

Leave a Reply