Penasaran dengan Bagian dalam Menara ATC? Beginilah Gambarannya!

0
Petugas memantau dan mengatur pergerakan pesawat udara di menara ATC Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Sumber: antara

Terkenal sebagai bagunan paling tinggi menjulang di area bandara, tidak sembarang orang boleh menapakkan kaki ke menara Air Traffic Control atau yang akrab disingkat menara ATC. Seperti sudah mendarah daging di stigma kebanyakan orang, “semakin dilarang, maka semakin penasaran.” Nah, kira-kira apa saja yang dilakukan oleh petugas yang ada di dalam sana? Dan seperti apa pemandangan yang tersaji dari atas menara ATC? Penasaran kan?

Baca Juga: Mengenal Serba Serbi dan Peran Air Traffic Controller

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, bagian paling atas dari menara ATC disebut Aerodrome Control Traffic. Petugas yang ada di bagian paling atas dari menara ATC ini berkoordinasi langsung dengan Ground Control untuk mengatur pergerakan pesawat ketika masih berada di darat. Selain itu, petugas Aerodrome Control Traffic juga memiliki wewenang untuk memberikan ijin kepada pilot untuk lepas landas (clear for take-off) dan mendarat (clear to land).

Dari tugas sederhananya saja, sudah terbayangkah oleh Anda betapa ribetnya peran seorang petugas Aerodrome Control Traffic? Ya, selain itu, para “pegawai tinggi” ini juga harus paham betul tentang semua tipe dan dimensi/ukuran pesawat. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan mereka ketika tengah mengatur pergerakan pesawat yang hendak mengudara – agar tidak tabrakan dengan pesawat lainnya.

Gambaran peralatan di dalam menara ATC. Sumber: istimewa

Sementara itu, untuk visualisasi kondisi ruangan Aerodrome Control Traffic ini tampak seperti ruang kontrol yang dipenuhi oleh alat-alat yang akan menunjang kinerja dari seorang petugas ATC. Mulai dari komputer, pesawat telepon (untuk kepentingan komunikasi dan koordinasi), radar, dan alat-alat lain yang akan melancarkan setiap penerbangan Anda.

Nah sementara untuk pemandangannya, bisa dibilang inilah salah satu fitur penunjang yang akan membuat petugas ATC betah – walaupun lama kelamaan akan bosan juga. Ya, Anda dapat melihat pemadangan di sekeliling Anda 360 derajat. Sebagai bangunan paling tinggi di komplek, maka sudah sewajarnya pemandangan Anda tidakakan terhalang oleh bangunan apapun yang melebihi tinggi dari menara ATC.

Baca Juga: Ternyata! Pendapatan Petugas ATC Jauh Lebih Tinggi dari Seorang Pilot

Ambil contoh menara ATC Bandara I Gusti Ngurah Rai yang ada di Pulau Dewata, Bali. Dari atas sini, Anda dapat melihat hamparan laut biru hingga panorama sun set yang selalu setia menghibur kepenatan dari petugas Aerodrome Control Traffic. Pun dengan penampakan Selat Bali dan Selat Lombok yang juga dapat Anda lihat dari atas sini.

Wah, semoga pemaparan di atas tidak membuat Anda nekat untuk menyelinap masuk ke dalam menara ATC ya!

 

Leave a Reply