Pengamat Penerbangan: Selain Bikin Sengsara, Kabin ‘Gerah’ Bisa Memicu Kejadian Fatal di Pesawat

0
Jendela dalam pesawat Air India terlepas (Youtube)

Sudah beberapa kali kejadian penumpang nekat membuka pintu/jendela darurat pada kabin pesawat. Selain ada yang bermotif iseng, kebanyakan aksi berbahaya itu dilakukan karena terpaksa, ya terpaksa lantaran penumpang sudah tak kuat lagi menahan panasnya suhu di dalam kabin. Ingin keluar dari pesawat juga bukan persolan mudah, terutama bagi penumpang yang duduk di dekat jendela.

Baca juga: Katanya Gerah, Wanita ini Buka Pintu Darurat Pesawat dan Berjalan di Sayap

Ditambah lagi, awak kabin biasanya akan menghalangi penumpang untuk keluar kabin. Alasan yang dikemukakan, mulai dari pesawat akan segera berangkat sampai alasan keamanan. Beruntung jika pesawat bisa segera berangkat, tapi apa jadinya bila pesawat tak kunjung bergerak dari apron, sementara peluh telah menetes dari badan. Kejadian tersebut, belum lama dialami oleh Djoko Setijowarno, pengamat transportasi yang sehari-harinya juga sebagai dosen Teknik Sipil di Universitas Katolik Soegijapranata.

Dalam pesan tertulis yang diterima KabarPenumpang.com (3/5/2021), ia menyebut pada 2 Mei 2021, melakukan penerbangan dari Pangkalpinang menuju Jakarta. Penerbangan 55 menit itu menggunakan Batik Air dengan nomer penerbangan ID 6847. Dengan label penerbangan full service, seharusnya penumpang akan mendapatkan kenyamanan optimal. Namun, yang terjadi justru sebaliknya.

“Kabin sudah terasa panas ketika pertama kali saya masuk ke pesawat,” ujar Djoko. Atas keluhan penumpang, awak kabin telah meminta maaf dan menjanjikan setelah pesawat tinggal landas, maka pendingin udara akan berfungsi maksimal. Apesnya, janji tersebut tidak dipenuhi. “Selama mengudara, penumpang merasakan suhu udara tetap sama, dan sepanjang perjalanan semua penumpang ‘kipas-kipas’ tubuhnya menggunakan lembar kertas petunjuk keselamatan.

Dalam pesan tertulis, Djoko kemudian menyoroti tentang kompensasi apa yang didapatkan penumpang dalam kondisi di atas, ketika pesawat tidak delay tapi penumpang mengalami sengsara selama penerbangan. Ia menyebut, kondisi di atas sangat berbahaya untuk keselamatan, “bagaimana jika ada penumpang yang mengalami halusinasi dan nekat membuka pintu darurat karena tidak kuat menahan panas, tentu itu sangat fatal,” tambah Djoko.

Baca juga: Bedah Jendela Pesawat, Inilah Bagian-bagian Beserta Fungsinya

Atas kejadian tersebut, KabarPenumpang.com telah meminta keterangan kepada pihak Lion Air, dan sampai berita ini diturunkan belum ada komentar dari pihak Humas Lion Air.

Leave a Reply