Pengeluaran Maksimal US$50 Per Hari Saat Melancong di Luar Negeri, Apa Bisa?

0
(shutterstock.com)

Melancong ke berbagai benua, negara hingga kota-kota dengan destinasi menakjubkan, kerap kali menjadikan seseorang terlihat menghambur-hamburkan uang. Padahal tidak semuanya terlihat seperti itu, sebab banyak dari pelancong yang menghemat pengeluaran mereka setiap hari saat mengunjungi destinasi impian.

Baca juga: Tak Mau Keluarkan Biaya Ekstra Karena Kelebihan Bagasi? Yuk Disimak Tipsnya!

Namun, apakah dalam satu hari pelancong cukup dengan uang US$50 atau sekitar Rp750 ribu? Baru-baru ini seorang pelancong melakukan perjalanan selama delapan bulan dan dalam sehari dirinya menargetkan hanya menghabiskan uang paling banyak US$50.

Dirangkum KabarPenumpang.com dari time.com (11/9/2018), Rena Behar mengungkapkan bahwa dirinya menghabiskan delapan bulannya setelah melalui berbagai hal. Dia mengunjungi beberapa negara diantaranya yakni Lisbon, Mediterania, Balkan, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Australia dan Selandia Baru.

Tak lupa selama delapan bulan perjalanannya, Rena memberikan beberapa tips yang bisa digunakan para pelancong dalam menghemat uang dan memaksimalkan pengeluaran dalam sehari. Berikut ini beberapa hal yang bisa digunakan pelancong dengan menggunakan uang maksimal US$50 dalam sehari saat melancong.

Kemas pakaian dengan benar
Berkeliling ke beberapa negara harus pandai memilih pakaian yang akan dibawa. Apalagi hanya dengan tas ransel ukuran 40 liter. Untuk menghemat bagasi semua barang yang dibutuhkan masuk ke dalam ransel dan membuat perjalanan di awal semurah mungkin dengan menekan pengeluaran. Menggunakan nomor lokal negara yang dikunjungi juga membuat lebih sedikit pengeluaran dibandingkan menggunakan kartu selular yang dibawa dari negara asal.

Ketahui nilai tukar mata uang
Setiap perjalanan ke suatu negara, jangan lupakan panduan tentang pencopet. Karena Anda tidak akan pernah tahu mereka akan berkamuflase menjadi apa dan ada dimana saja. Saat mengambil uang di ATM baiknya yang bisa digunakan selama satu bulan. Kenali konversi mata uang negara yang dikunjungi. Jika menggunakan kartu kredit sesuaikan untuk menghindari pengeluaran yang fantastis saat tagihan tiba.

Tinggal lama disatu tempat
Jangan hanya satu atau dua hari, baiknya nikmati satu tempat selama tiga atau empat hari bahkan lebih. Sebab berfokus pada kota yang sedikit maka akan menghemat pengeluaran dan bisa menikmati kota-kota tersebut. Bahkan ketika Anda memiliki waktu sedikit di satu kota, bisa jadi ketinggalan sesuatu yang spesial seperti acara daerah tersebut secara gratis, pemutaran film di museum dan banyak lagi.

Bertemu dengan teman baru
Setiap mengunjungi kota di suatu negara biasanya pelancong akan bertemu dengan orang-orang baru. Jangan lupakan penghematan biaya Anda dalam sehari, karena saat bertemu dengan orang baru, Anda bisa lebih boros karena pergi ke klub atau lainnya. Satu dua gelas minuman tidak masalah selama dalam batas pengeluaran harian dan baiknya pergi saat happy hour.

Baca juga: Jaga Barang Agar Tak Dicuri, Ini Dia Tips Pencegahannya

Penginapan mungkin diluar ekspektasi
Untuk tinggal disuatu kota dengan biaya murah, buang jauh-jauh dari pikiran Anda tempat yang mewah. Pikirkan bahwa kenyamanan meski kamar mandi harus berbagi juga bisa menjadi pilihan. Biasanya dorm, hostel atau penginapan kapsul meminimalisir pengeluaran. Sebab, Anda hanya akan menumpang tidur dan mandi, karena seharian akan berjalan mengelilingi destinasi di kota yang dikunjungi.

Semua hal di saldo
Banyak pelancong yang tidak terlalu memikirkan sarapan apa yang akan dimakan. Bahkan berjalan jauh pun akan dijalankan demi mendapatkan pemandangan indah melihat seluruh kota. Biasanya yang dipedulikan pelancong adalah tempat transit bandara hingga kamar mandi yang bersih. Terkadang pelancong juga memakan makanan murah yang mungkin gizinya terkadang kurang mencukupi.

Leave a Reply