“Tertipu,” Wanita ini Rugi Hingga Lebih dari Rp5 Juta Karena Coba LCC Baru!

Level Airlines. Sumber: RTE

Dapatkah Anda bayangkan semisal Anda yang baru saja tiba di sebuah bandara untuk mengudara menuju suatu destinasi, namun fakta yang terjadi di lapangan adalah Anda tidak menemukan penerbangan sesuai pada tiket yang Anda beli sebelumnya. Mungkin bingung, panik, was-was, hingga kesal semuanya akan bercampur menjadi satu, ya? Hal inilah yang terjadi pada Erin Levi, 35 tahun yang hendak mengudara menuju Paris beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga: Zonal Employee Discount, Inilah Rahasia Terbang Murah Untuk Para Pekerja Maskapai

Dikutip KabarPenumpang.com dari laman cntraveler.com (20/9/2018), Erin hendak bertandang ke Paris guna menghadiri acara pernikahan salah satu sahabat karibnya di Paris. Akhirnya ia memutuskan untuk terbang dari Newark, Amerika Serikat dengan menggunakan Low Cost Carrier (LCC) baru di Eropa, Level Airline pada tanggal 9 September 2018. Seharusnya, tanggal keberangkatan Erin tersebut bertepatan dengan operasi hari kelima dari maskapai tersebut.

Namun setelah Erin sukses melakukan check in online dan tiba di Newark Liberty International Airport untuk mengudara ke Paris, alangkah terkejutnya dia ketika tidak mendapati kelengkapan infrastuktur untuk Level Airlines di bandara tersebut – mulai dari nomor gate di tiket hingga counter check in Level Airlines. Erin sontak lemas karena mengetahui bahwa tiket sekali perjalanan yang ia beli dengan harga US$179 atau yang setara dengan Rp2,6 juta hangus begitu saja – terlebih ketika dirinya tidak bisa menghadiri pernikahan sahabatnya tersebut.

Karena alasan operasional, Level Airlines terpaksa menunda take off perdananya dari Newark menuju Paris yang dijadwalkan pada tanggal 4 September digeser menjadi tanggal 18 September. Erin mengaku, “Tidak mengetahui tentang perubahan jadwal ini,”

Ketika dikonfirmasi ke pihak Level Airlines, pihaknya mengaku telah memberitahu para calon penumpang yang sudah memiliki tiket via email. Namun tidak ada satupun dari calon penumpang yang menerima email tersebut – pun ketika mereka mencarinya di folder Spam. Di situs resminya pun, Level Airlines belum memajang informasi terbaru perihal pembatalan penerbangan dari Newark menuju Paris ini.

Absennya pemberitahuan tersebut membuat para calon penumpang merasa tidak ada yang salah dan semuanya akan berjalan lancar – namun kenyataan berkata sebaliknya. Singkat cerita, Erin tetap mengudara menuju Paris dengan menggunakan maskapai Wow Air – tentunya dengan harga yang hampir dua kali lipat Level Airlines.

Baca Juga: Gegara ‘Flight Mode’ di Ponsel, Seorang DJ Didepak Pramugari

Ketika masih berada di Newark, ia yang dibantu oleh salah satu staf dari maskapai transatlantik yang dioperasikan oleh British Airways, OpenSkies berusaha untuk terhubung dengan Level Airlines untuk menindaklanjuti kasus yang menimpanya ini. Sial bagi Erin, karena tidak ada satupun dari pihak Level Airlines yang mengangkat panggilan tersebut.

Berbarengan dengan pernyataan pihak Level Airlines sebelumnya, mereka juga mengaku akan mengembalikan uang para penumpangnya yang telah membeli tiket, namun tidak jadi berangkat. Tawaran lain yang diberikan pihak Level adalah melakukan reschedule jadwal penerbangan. Tapi tawaran tersebut hanyalah sebatas tawaran yang tidak pernah dirasakan oleh Erin. Malang betul.