Penumpang Tidur di Kereta dan Terkunci? Tak Hanya Indonesia, di Luar Negeri Juga Ada Lho!

0
ilustrasi ketiduran di kereta

Seorang penumpang kereta api listrik (KRL) tujuan Stasiun Bekasi ketiduran di dalam kereta. Penumpang ini juga tak bisa keluar dari gerbong karena pintu tertutup dan kereta saat itu bersiap menuju ke lokasi stabling atau area parkir. VP Corporate Communication PT KCI Anne Purba mengatakan, penumpang tersebut menggunakan KRL KA 1444 dari Jakarta Kota ke Bekasi dan masih berada di dalam rangkaian beberapa menit setelah tiba ditujuan.

Baca juga: Bikin Geli, Inilah Kumpulan Gaya Tidur Penumpang di Kereta Komuter Lokal

Dia menjelaskan saat itu rangkaian kereta dalam posisi aman berhenti dengan listrik tetap menyala dan pintu tertutup. Kemudian petugas yang sedang menyelesaikan administrasi perjalanan kembali mengecek kereta sebelum dijalankan ke lokasi stabling.

“Petugas kemudian membantu pengguna tersebut keluar. Pengguna juga sebelumnya menghubungi Twitter @commuterline yang segera mengkomunikasikan dengan petugas di stasiun. Pengguna kemudian menyelesaikan perjalanan di Stasiun Bekasi dengan keluar/tap out dari gate elektronik stasiun seperti pengguna lainnya,” kata Anne yang dikutip KabarPenumpang.com dari detik.com.

Namun nyatanya penumpang ketiduran di kereta tak hanya terjadi di Indonesia, tetapi di berbagai negara pun juga ada. Seperti di Israel, seorang penumpang tertidur dalam kereta Israel Railways. Penumpang ini terkunci semalaman dan tidak ditemukan petugas keamanan hingga esok paginya.

Penumpang yang tak disebutkan namanya tersebut tertidur di kereta dari Beersheva menuju ke Ashdod. Pihak Israel Railways mengatakan, petugas keamanan memeriksa secara rutin untuk memeriksa penumpang dan barang-barang tertinggal di akhir setiap perjalanan.

Namun nyatanya, saat itu mereka gagal memerhatikan sekeliling sehingga penumpang itu terkunci di dalam kereta. Penumpang tersebut menjelaskan ketika dirinya terbangun ditengah malam, kereta terkunci di Stasiun Ra’anana dan tidak dapat meminta bantuan karena ponselnya kehabisan baterai dan menunggu hingga pagi ketika seorang staf terkejut melihatnya kemudian membantunya keluar dari kereta.

Israel Railways mengatakan bahwa insiden itu sedang diselidiki. Sementara itu, staf keamanan diperintahkan untuk meninjau protokol untuk memeriksa kereta setelah mereka mencapai perhentian terakhir. Selain itu Victoria Munroe juga pernah tertidur di dalam kereta Lakeshore East ketika dirinya akan pergi ke Pickering dari Union Station.

Saat itu, dirinya tertidur dan terbangun sekitar pukul 01.30 pagi waktu setempat dan ada 16 panggilan tak terjawab dari sang kekasih. Ketika terbangun dirinya kemudian mencoba untuk keluar namun langsung menyadari bahwa pintu kereta terkunci.

“Aku duduk di kereta, sebagian ketakutan. Saya tidak punya makanan. Saya tidak tahu di mana saya berada. Saya bisa berada di mana saja di GTA. Saya tidak tahu di mana mereka memarkir kereta, “katanya.

Baca juga: Pyka, Aplikasi Unik Untuk Penumpang Yang Sering Ketiduran di Kereta

Dengan baterai ponsel terakhirnya, dia dapat menghubungi pacarnya, yang kemudian menghubungi GO Transit. Empat puluh lima menit kemudian seorang karyawan membuka kunci pintu. Monroe mengatakan cobaan itu telah menyebabkan kecemasannya yang abadi.

Leave a Reply