Thursday, May 30, 2024
HomeAnalisa AngkutanPenumpang Wajib Tahu, Ini Serba-serbi Inflight WiFi Singapore Airlines

Penumpang Wajib Tahu, Ini Serba-serbi Inflight WiFi Singapore Airlines

Sebagai salah satu maskapai terbaik di dunia, Singapore Airlines sangat memperhatikan kebutuhan penumpang. Salah satunya inflight WiFi atau WiFi dalam penerbangan. Hampir di semua armada maskapai, mulai dari Boeing 737 MAX modern hingga Airbus A380, semuanya dilengkapi WiFi onboard.

Baca juga: Ke Singapura Naik Singapore Airlines, Bisa Pinjam WiFi Router dan Akses Internet Gratis!

Tak hanya menyediakan, maskapai nasional Singapura itu juga menawarkan inflight WiFi gratis untuk penumpang first class dan paket WiFi gratis untuk penumpang kelas bisnis.

Meski layanan inflight WiFi Singapore Airlines sudah masyhur diketahui, namun, masih banyak pertanyaan terkait itu. Karenanya, berikut rangkuman serba-serbi inflight WiFi Singapore Airlines seperti dikutip dari executivetraveller.com.

1. Apakah Singapore Airlines memiliki WiFi di semua penerbangan?

Hampir semua penerbangan Singapore Airlines memilikinya (inflight WiFi). Sebagai maskapai internasional yang sama sekali tak memiliki layana domestik, hal itu sudah menjadi harga mati bagi maskapai.

Armada maskapai, seperti Airbus A350 dan A380, Boeing 787-10 dan Boeing 777-300ER, dan Boeing 737 MAX 8. Seluruhnya dilengkapi WiFi. Hanya ada satu armada yang tidak dilengkapi, yaitu Boeing 737-800. Meski begitu, ia memiliki sistem WiFi untuk streaming hiburan seperti film ke perangkat elektronik penumpang.

2. Berapa biaya WiFi Singapore Airlines?

Ada empat paket inflight WiFi yang tersedia, mulai dari paket Chat seharga US$3,99 untuk kuota 30MB, Pro seharga US$9,99 untuk kuota 100MB, Premium US$15,99 untuk kuota 200MB, dan Surf US$15,99 dengan akses unlimited selama tiga jam.

3. Apakah Singapore Airlines punya WiFi gratis?

Singapore Airlines menawarkan paket WiFi gratis untuk semua penumpang, tergantung pada kelas perjalanan dan keanggotaan KrisFlyer loyalty program Singapore Airlines.

  • Penumpang first class Singapore Airlines dan A380 Suites dapat akses WiFi gratis unlimited
  • Penumpang kelas bisnis Singapore Airlines dapat WiFi gratis 100MB
  • Member PPS Club Singapore Airlines yang duduk di kursi kelas ekonomi premium dan ekonomi dapat gratis WiFi 100MB
  • Member KrisFlyer Singapore Airlines yang duduk di kursi ekonomi premium dan ekonomi mendapat WiFi paket Chat gratis selama 2 jam.
  1. WiFi gratis Singapore Airlines with Boingo bagi pengguna Mastercard

Pemegang kartu kredit Mastercard di seluruh dunia mendapat akses 1 juta WiFi premium gratis dan unlimited di banyak tempat di dunia, termasuk di pesawat Singapore Airlines.

5. Berapa kecepatan inflight WiFi Singapore Airlines?

Untuk mendownload atau mengunduh file, kecepatan WiFi-nya mencapai 1-8 Mbps. Sedangkan untuk mengunggah file, kecepatanya lebih kecil mencapai 1-2 Mbps.

6. Pengalaman menggunakan inflight WiFi Singapore Airlines

Pada umumnya inflight WiFi Singapore Airlines tidak sebaik di darat. Namun, tidak terlalu buruk juga sehingga tidak bisa dipakai. Bisa dibilang koneksinya cukup lumayan untuk membuat penumpang tetap terhubungan dengan bisnis dan pekerjaan di darat.

7. Apakah penumpang harus gunakan aplikasi SIA untuk mengakses WiFi?

Jawabannya adalah tidak perlu. Penumpang cukup mengaktifkan WiFi di ponsel, laptop, dan perangkat elektronik lainnya.

Baca juga: Singapore Airlines Rilis Tarif Baru WiFi Onboard

8. Bagaimana cara mengakses atau menghubungkan perangkat ke WiFi Singapore Airlines?

Pertama-tama, aktifkan mode penerbangan di perangkat, kemudian aktifkan WiFi, temukan jaringan KrisWorld, kemudian penumpang langsung terhubung ke WiFi jika mendapat akses gratis atau harus membeli paket terlebih dahulu.

9. Bisakah penumpang gunakan WiFi di lebih dari satu perangkat dalam satu waktu?

Tidak bisa. Penumpang hanya bisa mengakses inflight WiFi Singapore Airlines di satu perangkat dalam satu waktu.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru