Pertama di Dunia, Motor Listrik Bisa Dilipat dan Terbuat dari Baja Tahan Karat! Segini Harganya

0
Motor listrik pertama di dunia yang bisa dilipat, STILride saat dipamerkan di jalanan kota Stockholm, Swedia. Foto: STILride

Seiring waktu berjalanan, desain motor -entah motor listrik ataupun motor konvensional- semakin futuristik (jika tak ingin disebut aneh), seperti motor listrik satu ini, SUS1 e-scooter. Selain menggunakan baja anti karat (stainless steel) sebagai komponen utamanya, motor listrik buatan startup asal Swedia, STILride, tersebut juga bisa dilipat dan menjadikannya sebagai motor listrik pertama dengan kemampuan itu.

Baca juga: BMW Siap Hadirkan ‘Satu Paket Komplit’ Sepeda Motor Listrik

Kemampuan SUS1 e-scooter sebagai motor listrik lipat pertama di dunia tak terlepas dari teknologi blancforming yang terinspirasi dari industri origami, yakni teknik melipat kertas menjadi sebuah karya seni bernilai tinggi. Proses pelipatan motor tersebut dilakukan oleh robot origami yang dijuluki Light Fold.

Menurut Jonas Nyvang dan salah satu pendiri STILride, Tue Beijer, proses ini bukan hanya mengurangi biaya produksi dan material secara signifikan serta menghasilkan tampilan yang benar-benar beda, tetapi juga membuatnya jadi lebih ramah lingkungan.

Hasil dari proses tersebut juga membuat SUS1 e-scooter memiliki permukaan logam yang halus, rata dan licin, serta ruang menarik yang menyeimbangkan antara kekokohan material dan desain yang lapang.

Sebelum benar-benar diproduksi, motor listrik pertama di dunia yang bisa dilipat itu mula-mula dibuat menggunakan gabungan kertas dan baja tahan karat. Desainnya adalah hasil kreasi Tue Beijer yang telah berkecimpung dalam bisnis desain kendaraan selama 20 tahun. Kecintaan Beijer pada skuter tua dan desain skuter listrik pertama STILride ini menginformasikan estetika konsep pertama perusahaan.

Setelah itu, barulah prototipe skuter yang beroperasi dengan listrik dan menggunakan motor yang terletak di roda belakang ini dibuat menggunakan stainless steel secara penuh dengan melibatkan robot Light Fold tadi dalam proses melibat motor.

Selain melibatkan robot origami Light Fold, komponen motor listrik lipat pertama SUS1 e-scooter, seperti footboard, juga dibuat menggunakan teknologi cetak 3D.

Baca juga: Skuter Listrik Tiup Poimo Kini Hadir dalam Versi Custom-Fit, Skuter Bisa Menyesuaikan Badan

Bila tak ada aral melintang, Nyvang menyebut bahwa motor listrik pertama di dunia yang bisa dilipat ini bakal tersedia di pasaran pada 2022/2023 mendatang, dengan harga sekitar US$5.500 atau sekitar Rp78 juta (kurs 14.331).

Karena masih berupa prototipe, ia belum bisa membeberkan spesifikasi SUS1 e-scooter. Namun, ia berjanji bahwa “Motor itu akan luar biasa menarik dari segi jarak dan kecepatan,” jelasnya, seperti dikutip dari New Atlas.

Leave a Reply