Skuter Listrik Tiup Poimo Kini Hadir dalam Versi Custom-Fit, Skuter Bisa Menyesuaikan Badan

0
Poimo, skuter listrik tiup buatan Mahasiswa Jepang. Foto: Poimo

Poimo, skuter listrik tiup yang mudah dibawa kemana-mana berkat fleksibilitasnya, sukses menggebrak pasar personal mobility vehicle pada bulan Mei lalu. Sebagaimana namanya, Poimo, akronim dari Portable and Inflatable Mobility, memang sangat memudahkan pengguna karena bisa dilipat dan dimasukkan ke ransel atau sebaliknya, dikeluarkan dari ransel, dipompa, dan dikendari kemanapun berkat motor listrik.

Baca juga: Poimo, Skuter Listrik Tiup dari Jepang

Seolah belum cukup, skuter listrik hasil kerja sama Mercari R4D dengan laboratorium Kawahara dan Niiyama dari Universitas Tokyo tersebut, belum lama ini dikabarkan telah meluncurkan versi custom-fit, memungkinkan produsen untuk menyesuaikan ukuran tubuh dengan Poimo.

Dilansir dari New Atlas, untuk mendapatkan Poimo yang sesuai dengan postur tubuh pengguna, mula-mula mereka perlu mengambil sejumlah gambar yang merepsentasikan posisi ideal saat mengendarai Poimo. Setelah itu, gambar-gambar tersebut akan dipilih dan dibuatkan model 3D skuter melalui sebuah software yang dirancang khusus untuk mengakomodir dimensi Poimo yang disesuaikan dengan pose dari gambar tadi.

Selain dalam bentuk menyerupai sepeda motor, Poimo juga menyediakan desain menyerupai kursi roda. Foto: Poimo

Tak hanya itu, software ini juga bisa mengakomodir calon pengguna yang agak rempong. Usai model 3D skuter listrik Poimo selesai dibuat, tentu saja berdasarkan pose yang dikirimkan, calon pengguna dimungkinkan untuk tetap menyesuaikan lagi desain Poimo sesuai keinginan mereka.

Seumpama, mereka menginginkan ukuran ban, body skuter, jok, pijakan kaki, rangka bagian depan Poimo, setang, dan pengontrol nirkabel bawaan yang lebih tinggi atau pendek, lebih kecil atau besar, software otomatis akan menyesuaikan bagian lainnya ketika dimensi satu bagian diubah, seperti pada video di bawah ini. Dengan begitu, kekuatan, stabilitas, dan tingkat kenyamanan pengoperasiannya tidak terganggu.

Skuter yang dibuat dari kain dropstitch yang relatif kuat dengan tujuh bagian, mulai dari roda sampai setang, tersebut diperkirakan memiliki bobot sekitar 9 kg. Skuter listrik tiup atau inflatable electric scooter Poimo diketahui bisa melaju hingga 6 km per jam, menempuh jarak sejauh puluhan km per satu jam pengisian daya.

Kreasi sekelompok mahasiswa di Universitas Tokyo dalam membuat Poimo berawal dari keinginan untuk menciptakan kendaraan baru. Idenya adalah menggunakan bahan lembut, ringan dan memudahkan pemiliknya. Walau bukan solusi mobilitas mikro pertama yang ada, Poimo bisa dibilang paling menarik karena secara efektif menyelesaikan masalah portabilitas. Buktinya skuter ini dapat dilipat dan dimasukkan ke dalam ransel besar.

Baca juga: Walkcar, Skateboard Listrik yang Bisa Dijinjing dan Masuk ke Tas

“Poimo merupakan jenis mobilitas personal baru yang terbuat dari bahan lunak, ringan, dan dapat ditiup. Bodi lembut dan dimensi kecil memungkinkan interaksi pengguna lebih aman dengan pejalan kaki. Kami juga sudah melakukan tes mekanis untuk memverifikasi bahwa itu dapat menahan berat manusia,” kata Ryuma Niiyama, bagian dari tim pengembangan di Universitas Tokyo.

Skuter listrik Poimo diciptakan dengan teknik robotik lunak untuk menciptakan kendaraan listrik yang aman. Setidaknya dirancang untuk meminimalkan kecelakaan, terutama di ruang pejalan kaki yang padat seperti yang ada di Tokyo, Jepang. Ia juga termasuk kendaraan antirepot, karena jika terjadi tabrakan atau tusukan, tubuh yang menggembung dapat diganti atau diperbaiki tanpa masalah besar.

Leave a Reply