Pertengahan 2019 Penumpang Kelas Bisnis Garuda Indonesia Bisa Lanjutkan Perjalanan via Helikopter

Sumber: Change.org

Kabar baik bagi Anda para konsumen setia Garuda Indonesia! Pasalnya, maskapai plat merah ini baru saja menandatangani kerja sama dengan Whitesky Aviation yang diketahui sebagai penyedia jasa helikopter. Melalui perjanjian kerja sama yang ditandatangan Senin (10/9/2018) kemarin, nantinya para penumpang Garuda Indonesia bisa menikmati layanan helikopter sebagai transportasi penghubung dari atau ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke semua destinasi – baik di dalam maupun luar kota Jakarta.

Baca Juga: Sekilas Mirip Layanan LCC, Garuda Indonesia Rilis Subclass Eco-Basic

Sebagaimana yang dihimpun KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N. Mansury mengatakan kerja sama ini merupakan upaya yang ditempuh sang Flag Carrier guna meningkatkan pelayanan kepada para penumpangnya.

“Kolaborasi ini merupakan salah satu upaya kami untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan, sekaligus menambah alternatif transportasi udara bagi penumpang Garuda Indonesia yang mempunyai tujuan ke berbagai destinasi di sekitar kota Jakarta menggunakan jasa helikopter,” tutur Pahala, dikutip dari laman republika.co.id (11/9/2018).

Selain Whitesky Aviation, Garuda juga menggaet Helicity guna kepentingan yang sama. “Keduanya tengah mempersiapkan diri untuk memberikan pelayanan jasa helikopter, sehingga penumpang Garuda, dikhususkan untuk kelas bisnis bisa langsung terbang dengan helikoper Whitesky dari Bandara Soekarno-Hatta ke titik lain di Jakarta,” tandasnya.

Di sisi lain, Direktur Utama Whitesky Aviation, Denon Prawiraatmaja menambahkan bahwa kerja sama yang dijalinnya dengan pihak Garuda ini akan menambah ‘jam terbang’ dari helikopter itu sendiri. “Semula 40 penerbangan per-bulan akan meningkat jadi 100 penerbangan per-bulan,” ujar Denon. “Jumlah penumpang kelas bisnis Garuda ada 6.000 orang per minggu dikali sebulan 24 ribu,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Denon mengatakan bahwa hingga saat ini , destinasi favorit para pengguna helikopter masih di seputaran Jakarta, Bogor, dan Bandung. Dengan menggunakan helikopter, para penumpang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk sampai di Jakarta, 15 menit untuk sampai di Bogor, dan 45-50 menit untuk sampai di Bandung.

“Rata-rata untuk keperluan bisnis. Sekarang business trip helipad kita punya di De Plaza, Shangrila, Fairmont dan Senayan. Ada 23 titik yang kerja sama tapi titik yang bisa dimungkinkan untuk take off-landing ada 170 Jakarta dan sekitarnya,” terang Denon.

Baca Juga: Pengamat: Pilot TNI AU Butuh Waktu Transisi Untuk Menerbangkan Pesawat Garuda Indonesia

Untuk masalah biaya, Denon mengatakan Whitesky akan menerapkan sistem charter dengan range harga enam hingga delapan juta. “Jadi semisal muatannya penuh (empat penumpang) atau sepi sekalipun, tarifnya akan tetap enam hingga delapan juta,” jelasnya. Pun dengan masalah pembayaran, hingga saat ini, jalur pembayarannya masih terpisah antara Garuda Indonesia dan Whitesky.

Namun, Anda harus sedikit bersabar karena layanan ini baru akan dibuka pada pertengahan tahun depan. “Estimasinya helipad Cengkareng akan rampung pada Juni 2019.” Tutup Denon.