Pesawat Masuk Jalan Tol di Kanada, Ini Faktanya

0
Sebuah pesawat mendarat darurat di kilometer 40 jalan tol dekat Kota Quebec. Foto: Twitter/Screengrab via independent.co.uk

Belum lama ini, beredar video di media sosial Twitter yang menampilkan adanya sebuah pesawat yang hampir memakan dua ruas jalan di sebuah tol di Quebec, Kanada. Usut punya usut, ternyata pesawat tersebut dikabarkan mendarat darurat di kilometer 40 sebelum akhirnya menepi dan membuat lalu lintas sedikit terhambat.

Baca juga: Pernah Berpikir untuk Membuka Pintu Pesawat Saat di Udara? Mustahil!

Dilansir dari independent.co.uk, kerusakan mesin sejauh ini diduga menjadi penyebab pesawat tersebut mendarat darurat di tol. Dari video yang beredar, saat di ketinggian sekitar 10 meter, pesawat sempat terlihat mengeluarkan asap hitam pekat dari bagian mesin.

Sebelum benar-benar mendarat, tampak sang pilot berusaha menguasai pesawat di tengah terpaan angin dan juga adanya tiang lampu penerangan yang tinggi menjulang serta beberapa papan penunjuk arah sambil mencari lokasi yang tepat untuk mendaratkan pesawat. Maklum, saat itu, lalu lintas tengah padat. Setelah beberapa saat mempertahankan di ketinggian 4-5 meter, pesawat Piper PA-28 Cherokee tersebut akhirnya berhasil mendarat dengan selamat di antara dua mobil, depan dan belakang.

Meskipun sempat terjadi penumpukan kecil karena pesawat berada pada posisi di tengah antara empat ruas jalan, namun, setelah pesawat beranjak menepi ke sebelah kanan atau di ruas tiga dan empat jalan tol, kendaraan lainnya pun berusaha untuk tetap melaju lewat sisi kiri atau lajur satu dan dua.

Menurut CBC Kanada, sekitar pukul 10.30 pagi pada hari Kamis lalu, pilot pesawat diketahui sempat memanggil pemadam kebakaran Kota Quebec untuk meminta izin melakukan pendaratan darurat di jalan raya, beberapa kilometer sebelah Selatan Bandara Internasional Jean-Lesage.

Tak lama berselang, petugas pemadam kebakaran pun mendatangi lokasi dan melakukan proses evakuasi. Selama proses evakuasi berlangsung, jalan sempat ditutup selama satu jam untuk mengeluarkan pesawat dari badan jalan. Adapun pilot dilaporkan selamat tanpa adanya sedikitpun luka. Setelah melakukan proses penyelidikan, kepolisian setempat akhirnya menyimpulkan bahwa insiden tersebut terjadi akibat adanya kerusakan pada mesin.

Insiden pesawat mendarat darurat di jalan tol sebetulnya bukan hal baru di dunia penerbangan global. Pada April 2016 lalu, sebuah pesawat mendarat di jalan tol di Negara Bagian California, Amerika Serikat. Pesawat tersebut kemudian menabrak sebuah mobil dan menyebabkan seorang penumpang meninggal dunia.

Baca juga: Mendarat Darurat, Pesawat Cessna Gilas Dua Orang di Pantai Caparica

Sejumlah saksi mata mengatakan pesawat jenis Lancair IV itu tampak mengalami kendala teknis sebelum mendarat darurat di jalan tol. Namun, pendaratan tidak berlangsung mulus. Alih-alih menggunakan roda, pilot mendarat memakai perut pesawat dan tergelincir sampai menabrak sebuah mobil yang diparkir di sisi jalan tol. Tabrakan itu kemudian menewaskan Antoinette Isbelle, perempuan berusia 38 tahun asal Kota San Diego, yang tengah duduk di bagian belakang mobil.

Di Indonesia sendiri, insiden pesawat mendarat darurat tercatat pernah beberapa kali terjadi. Pada Oktober 2008 lalu, sebuah pesawat dikabarkan melakukan pendaratan darurat di Tol Cikampek. Setahun kemudian, giliran sebuah helikopter yang dilaporkan mendarat darurat di KM 42 Tol Jagorawi arah Jakarta pada Maret 200 9.

Leave a Reply