Pesawat-Pesawat Ini Punya Desain Yang Sangat Unik, Yuk Intip!

0
Ilustrasi pesawat unik. Sumber: istimewa

Luasnya dunia aviasi membuat beragam keunikan muncul, salah satunya adalah dari desain pesawat. Tidak seperti bentuk Boeing 737 atau Airbus A330 yang bisa dibilang standar, bentuk-bentuk dari pesawat ini terbilang nyeleneh, tentu dengan maksud dan tujuan si pembuatnya masing-masing. Berikut adalah beberapa pesawat yang memiliki bentuk unik, dilansir KabarPenumpang.com dari laman knowledgedish.com.

Baca Juga: Mulai Alergi Kacang Hingga Abu Jenazah, Inilah Deretan Peraturan Unik di Maskapai

Bartini Beriev VVA-14

Bartini Beriev VVA-14. Sumber: knowledgedish.com


Bartini Beriev VVA-14 terlihat seperti pesawat ruang angkasa dengan desain yang futuristik, persis seperti yang ada di film-film fiksi. Pesawat yang dirancang oleh Uni Soviet pada 1970-an ini memiliki kemampuan untuk lepas landas secara vertikal dari air dan terbang pada kecepatan tinggi dengan jarak yang jauh. Penerbangan pertamanya adalah pada tahun 1972, dan dua tahun berselang, proyek tersebut perlahan terbengkalai seiring meninggalnya sang perancang, Robert Bartini pada tahun 1974.

Lockheed Martin P-791

Lockheed Martin P-791. Sumber: knowledgedish.com


Tidak ada yang menyangka bahwa perusahaan kedirgantaraan global, pertahanan, keamanan dan teknologi canggih asal Amerika, Lockheed Martin membuat sebuah pesawat berdesain unik. Setidaknya, ini merupakan salah satu upaya mereka untuk memodernisasi gagasan unik dari sebuah pesawat yang bisa dibilang sudah berangsur punah. Penerbangan pertama berlangsung pada 31 Janauri 2006 di Palmdale, California. Dengan bentuknya yang menyerupai bantal terbang ini, pihak Lockheed mengklaim bahwa pesawat Vertical Take Off – Landing (VTOL) ini mampu mengambang di ketinggian 20.000 kaki selama tiga minggu!

McDonnell XF-85 Goblin

McDonnell XF-85 Goblin. Sumber: knowledgedish.com

Prototipe pesawat tempur Amerika ini dirancang selama masa Perang Dunia II oleh McDonnell Aircraft. Pesawat itu dibangun sebagai “pesawat parasit” yang akan dibawa dengan pesawat Northrop XB-35 dan B-36 untuk melindungi mereka selama misi pengeboman. Namun, rencana tersebut berubah dan akhirnya McDonnell XF-85 Goblin dibawa menggunakan Convair B-36. Sayangnya, pesawat ini hampir tidak berumur panjang karena produksinya dibatalkan tepat setahun setelah penerbangan pertamanya pada 23 Agustus 1948.

Boeing X-32

Boeing X-32. Sumber: knowledgedish.com

Pada tahun 1996, Pemerintah AS memberikan kontrak kepada Boeing dan Lockheed Martin untuk merancang sebuah konsep pesawat demonstran dalam sebuah proyek untuk menggantikan posisi dari beberapa pesawat tempur yang ada. Boeing X-32 merupakan pesawat demonstran milik Boeing yang bisa dibilang aneh dari segi desainnya. Meskipun pesawat ini mungkin tidak terlihat hebat, namun dilengkapi dengan sistem cool short-take-off and vertical landing. Namun, pengaplikasian sistem tersebut tidak cukup bagi mereka untuk merebut hati Pemerintah AS. Pada akhirnya, Pemerintah AS lebih memilih pesawat produksi Lockheed Martin daripada milik Boeing.

Baca Juga: Ada DC-9 Berlivery Klasik di Hanggar Garuda Maintenance Facility, Buat Apa Ya?

Scaled Composites Proteus

Scaled Composites Proteus. Sumber: knowledgedish.com


Pesawat aneh ini melakukan penerbangan pertamanya pada tahun 1998 silam. Uniknya, pesawat ini dirancang untuk alasan yang unik, yaitu percobaan untuk melihat seberapa baik pesawat akan bekerja untuk menyampaikan sinyal telekomunikasi. Fakta unik lainnya yang luar biasa tentang pesawat ini adalah Scaled Composites Proteus mampu mengudara di ketinggian 60.000 kaki selama lebih dari 18 jam.

Leave a Reply