Thursday, June 30, 2022
HomeDaratPeta Rute Baru KRL, Mulai 28 Mei Loop Line Pindah Jadi Rute...

Peta Rute Baru KRL, Mulai 28 Mei Loop Line Pindah Jadi Rute Cikarang

Penumpang KRL mulai saat ini harus update informasi mengenai perjalanan dengan rute baru khususnya lintas Cikarang. Bagaimana tidak, nantinya KAI Commuter akan melakukan switch over di Stasiun Manggarai mengenai perubahan jalur akibat pembangunan stasiun baru untuk perjalanan kereta api. Perubahan jalur ini terfokus pada rute Cikarang/Bekasi yang tidak lagi melalui jalur layang antara Cikini sampai Jakarta Kota. Melainkan melewati Tanah Abang, Kampung Bandan, hingga Jatinegara.

Baca juga: Isu Informasi Perubahan Rute KRL Jabodetabek: Cikarang Line Lewat Jalur Loop Line?

Saat ini rute loop line masih dijalankan pada KRL dari Bogor/Nambo/Depok dengan tujuan Angke hingga Jatinegara pp. Dan penumpang masih bida menggunakan rute tersebut tanpa harus transit. Namun per 28 Mei 2022 nanti penumpang diharuskan transit. KRL hanya melakukan perjalanan sepenuhnya dari Bogor/Nambo/Depok dengan tujuan Jakarta Kota. Namun jika ingin melakukan perjalanan ke Sudirman, Tanah Abang, Angke, Jatinegara nantinya harus transit di Manggarai.

Sebaliknya untuk rute Cikarang/Bekasi nantinya tidak perlu transit di Manggarai jika penumpang meneruskan perjalanan ke Sudirman, Tanah Abang, Angke, sampai dengan Jatinegara. Tapi jika ingin melanjutkan perjalanan ke arah Jakarta Kota penumpang di haruskan transit di Manggarai. Switch over Stasiun Manggarai ini diberlakukan agar penumpang lebih terasa aman dan tak perlu menyeberang rel kereta api di Stasiun Manggarai, kecuali yang ingin membeli makan atau minum di kios yang berada di jalur 1 ataupun yang ingin keluar masuk stasiun.

Perlu diketahui bahwa jalur KRL yang ada di Stasiun Manggarai berjumlah 13 jalur. Diantaranya:

JALUR 1 dan 2: Dikhususkan kereta api jarak jauh (bukan untuk jalur KRL)

JALUR 3, 4, dan 5: Non Aktif (tidak digunakan)

JALUR 6: Perjalanan KRL tujuan Sudirman, Tanah Abang, Duri, Jatinegara

JALUR 7: Perjalanan KRL tujuan Jatinegara, Bekasi, Cikarang

JALUR 8 dan 9: Perjalanan KRL Bandara Soekarno Hatta

JALUR 10 dan 11: Perjalanan KRL tujuan Cikini, Gondangdia, Juanda, Jakarta Kota

JALUR 12 dan 13: Perjalanan KRL tujuan Depok, Nambo, Bogor.

Baca juga: Kemenhub Akhirnya Buka Suara Soal Kenaikan Tarif KRL

Rute KRL loop line juga dilakukan di Stasiun Jatinegara. Bagi penumpang yang ingin melakukan perjalanan dari Cikarang/Bekasi menuju Pondok Jati, Kramat, Gang Sentiong, Pasar Senen, Kemayoran, Kampung Bandan, Tanah Abang, Manggarai, sampai kembali ke Bekasi/Cikarang tidak harus transit di Jatinegara. Jadi penumpang KRL nantinya ada 2 arah menuju loop line, rute yang pertama melewati Stasiun Manggarai terlebih dahulu, rute yang kedua melewati Stasiun Pasar Senen terlebih dahulu.

Diharapkan penumpang selalu cek jadwa KRL access yang telah di update melalui ponsel, atau ikuti arahan dari petugas di stasiun maupun di dalam KRL. Untuk jadwal nantinya akan di update dalam waktu dekat, agar penumpang tidak merasa bingung dan tidak salah naik kereta. (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru