Pintu Kereta Shinkansen Terbuka Saat Melaju 280 Km Per Jam!

0
Kereta peluru Jepang (Tokyo Daily News)

Saat naik kereta berkecepatan tinggi atau biasa disebut dengan kereta peluru, penumpang tidak seperti merasa menumpang dalam sebuah kereta. Ini dikarenakan kereta peluru yang melaju sangat cepat dan tidak ada goncangan yang terlalu terasa.

Baca juga: Di 2027, Jepang Hadirkan Kereta Cepat Maglev Tokyo-Nagoya

Tapi bagaimana jadinya jika saat menumpang kereta peluru dan salah satu pintunya terbuka? KabarPenumpang.com melansir dari laman bbc.com (21/8/2019), baru-baru ini sebuah kereta peluru di Jepang atau yang dikenal dengan kereta shinkansen pintunya terbuka ketika tengah melaju dalam kecepatan 280 km per jam.

Ternyata kereta tersebut melaju selama satu menit atau dengan jarak empat kilometer (2,5) dengan pintu terbuka. Untungnya saat terbuka tidak ada satu penumpang pun yang berdiri didekat pintu dan 340 penumpang yang ada didalamnya juga tidak ada yang terluka.

Kereta peluru Hayabusa dengan nomor 46 yang menuju ke Tokyo diberhentikan darurat oleh operator di sebuah terowongan tak lama setelah meninggalkan Stasiun Sendai yang berada di timur laut Jepang ketika kondektur melihat lampu peringatan pintu kereta sembilan terbuka. Kereta terhenti selama 15 menit sebab adanya pengecekan yang dilakukan.

“Kondektur memeriksa kereta dan menemukan bahwa pintu itu benar-benar terbuka. Sekitar 340 penumpang ada di kereta tersebut tetapi tidak ada yang terluka,” kata juru bicara East Japan Railway.

Dia menambahkan, insiden terjadi setelah petugas kebersihan keliru dan membiarkan pintu kereta tidak terkunci sehingga bisa dengan mudah terbuka dan menutup secara manual. Karena hal ini, pihak East Japan Railway meminta maaf pada seluruh penumpang atas insiden yang menyebabkan keterlambatan.

“Kami dengan tulus meminta maaf atas kejadian itu,” katanya.

Adanya insiden ini membuat kereta terlambat sekitar 19 menit dan menciptakan efek knock-on yang menyebabkan keterlambatan bagi sekitar tiga ribu penumpang lainnya. Karena masalah ini pula, Kementerian Transportasi Nasional Jepang meminta perusahaan untuk memastikan hal seperti ini tidak lagi terulang.

Baca juga: Shinkansen Hello Kitty Resmi Mengular, Penggemar dan Penumpang Riuh Ramai Berselfie Ria

Diketahui, jenis kereta yang terlibat dalam insiden hari Rabu memiliki kecepatan tertinggi sekitar 320 km per jam (200 mph), menjadikannya salah satu yang tercepat di Bumi.

Leave a Reply