Pintu Sydney Metro Menutup Kelewat Cepat, Banyak Bocah Terpisahkan dari Pendampingnya

0

Jangan pernah lepaskan dan biarkan anak-anak main sendirian ketika berada di peron kereta api. Himbauan ini cocok untuk orang tua yang bepergian dengan anak mereka saat naik kereta.

Baca juga: Meski Kondang, Pantai Bondi di Sydney Tidak Terkoneksi Jaringan Kereta, Inilah Sebabnya!

Pasalnya di Sydney Metro ada sepuluh insiden yang bisa dikaitkan dengan kata-kata himbauan di atas, terutama dalam tiga bulan pertama beroperasi. Ada suatu kasus dimana anak-anak bepergian terpisah dengan orang tua mereka di kereta tanpa pengemudi tersebut, dan ketika pintu otomatis tertutup, membuat para orang tua kebingungan di peron.

KabarPenumpang.com melansir 9news.com.au (29/8/2019), seorang bocah lelaki berusia dua tahun minggu lalu dibiarkan naik Sydney Metro tanpa pendampingan dari ibunya lebih dari sepuluh menit. Hal ini ternyata membuat Menteri Transportasi Andrew Constance prihatin tentang insiden itu dan ingin para orang tau lebih berhati-hati ketika melihat kereta tanpa pengemudi.

“Saya mengingatkan semua orang bahwa pintu-pintu di kereta metro otomatis dan orang-orang harus bergerak dengan cepat, dan orang tua dan wali harus menjaga anak-anak di dekat mereka, berpegangan tangan dan memperhatikan,” kata Andrew.

Andrew menambahkan, dirinya secara alami prihatin tentang anak-anak yang terpisah dari orang tua atau wali mereka. Dari catatan ternyata lebih dari 5,3 juta penumpang yang naik Sydney Metro sejak dibuka pada akhir Mei 2019 kemarin.

Adanya insiden anak-anak terpisah dari orang tua, staf Metro kemudian membantu untuk mempertemukan mereka dalam sepuluh insiden itu. Diketahui, pintu otomatis Sydney Metro akan terbuka selama 30 detik di setiap paltform. Ketika pintu mulai menutup, lampu akan berkedip, ada bunyi bip dan pengumuman terdengar.

Seorang juru bicara menteri mengatakan, pengumuman itu lebih keras daripada di tempat lain di jaringan kereta NSW. Setiap kereta metro memiliki 18 pintu masuk di enam gerbongnya dan ada staf di setiap platform tetapi tidak memantau semua pintu secara langsung.

Rail, Tram, dan Bus Union Sekretaris NSW (New South Wales) Alex Claassens mengatakan insiden itu sudah diperkirakan, mengingat tidak ada cukup staf untuk memastikan keselamatan penumpang.

“Inilah yang terjadi ketika Anda menjalankan sistem transportasi tanpa staf yang memadai akan keselamatan penumpang” kata Alex.

Baca juga: Australia, Jadi Satu-satunya Benua Tanpa Kereta Cepat!

Sydney Metro yang dibangun senilai $7,3 miliar telah mengalami masalah sejak mulai beroperasi dengan lebih dari 30 gangguan signifikan, termasuk kerusakan pintu kereta, perbaikan mekanis yang mendesak, dan pekerjaan jalur.

Leave a Reply