PO Gunung Harta, Kondang dengan Livery Hijau dan Ikon “Mickey Mouse”

(Traveloka)

Tahun 1993 sebuah perusahaan otobus (PO) didirikan oleh seorang warga Bali bernama I Wayan Sutika. PO ini dulunya hanya menyediakan layanan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yakni trayek dari Denpasar ke Gilimanuk.

Baca juga: PO Handoyo, Berjaya dari Lembah Tidar Magelang

Penasaran nama PO nya? Ya, PO milik I Wayan ini bernama Gunung Harta. Nama ini seperti menggambarkan keberadaan PO Gunung Harta dimana merangkak sedikit demi sedikit mencapai sebuah gunung di puncak kesuksesannya. Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai lama sumber, setelah mendirikan PO dan menghadirkan trayek AKDP, dua tahun kemudian yakni 1995, PO milik I Wayan tersebut kemudian berkembang dan merambah trayek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

(blogspot.com)

Kehadiran trayek AKAP dari PO Gunung Harta sendiri merupakan pengembangan bisnis yang dibantu oleh lembaga keuangan dan kepercayaan masyarakat Bali atas layanan transportasinya. Tahun 2004 Gunung Harta kembali meningkatkan performanya dimana mampu memilik 40 armada bus.

Selain itu pula membuka trayek AKAP Denpasar-Gilimanuk PP, Denpasar-Jember PP, Denpasar-Surabaya PP, Denpasar-Malang PP, Denpasar-Solo-Yogyakarta PP, Denpasar-Semarang-Jakarta PP, Denpasar-Madiun-Maospati-Ponorogo PP. Meski begitu, Gunung Harta tak lupa dengan trayek AKDP yang tetap dipertahankannya.

Bus milik PO Gunung Harta sendiri bisa dikenali dengan jelas karena warna hijaunya. Walau punya logo resmi dengan gambar Gunung, namun armada bus PO Gunung Harta lebih dikenal dengan ikon gambar Mickey Mouse pada livery bus, ikon Mickey Mouse ini menyiratkan kenyamanan bus yang menggunakan air suspension.

Gunung Harta sendiri bahkan memberi kenyamanan yang lebih bagi penumpangnya dengan mengatur jumlah kursi bagian kiri 16 dan kanan 18 agar tidak berdesakan. Tak hanya itu, pembaruan armada pun terus dilakukan PO asal Pulau Dewata tersebut.

Apa saja sih armada yang dimiliki oleh PO Gunung Harta? Ternyata armada yang digunakan menggunakan sasis premium dari Mercedes Benz dengan bodi terbaru Jetbus HD dan Jetbus 2 SDH dari karoseri Adi Putro.

Pada Maret 2018 lalu, PO Gunung Harta sendiri membeli enam unit bus maxi bersasis panjang masing-masing empat unit bus Scania K410 IB 6×2 dan dua unit Mercedes Benz OC 500RF 2542 untuk peremajaan tiga trayek bus malamnya di Pulau Jawa. Keenam bus tersebut menggunakan karoseri Adi Putro dan akan ada di tiga trayek yakni Ponorogo-Jakarta, Jember-Banyuwangi-Jakarta-Bogor, Tulung Agung-Blitar-Jakarta.

Keenam bus tersebut menggunakan model terbaru dari karoseri Adi Putro yakni Jet 3+. Keenam bus tersebut juga untuk mengantisipasi beroperasinya sejumlah ruas tol di Pulau Jawa yang sebagian besar dilintasi bus Gunung Harta.

Baca juga: PO Sumber Alam, Bus AKAP Kebanggaan Warga Purworejo

Bus dengan kapasitas 36 kursi yang dilengkapi Leg Rest, ruang merokok, toilet, USB charger, selimut, bantal dan audio video on demand untuk kenyamanan penumpang selama perjalanan. Hal lain yang dilakukan PO Gunung Harta adalah dengan bisa melakukan reservasi tiket dan pembayaran secara online bekerja sama dengan Bank BRI. Bisa juga sistem reservasi online melalui aplikasi Traveloka.